≡ Menu

Cara Mengakses Safe Mode di Windows 10

Banyak hal mengejutkan yang kadang terjadi pada komputer, entah itu suatu galat pada sistem atau hal-hal lain yang membuat komputer tidak berjalan normal seperti biasanya. Tapi beberapa masalah serius masih dapat diatasi, salah satunya melalui Safe Mode.

Safe Mode atau istilahnya adalah Mode Aman adalah suatu modus yang dapat diterapkan ketika komputer memiliki suatu masalah, sehingga pada modus tersebut kamu dapat mendeteksi program, proses, atau apa saja yang sekiranya menghambat kinerja pada modus normal.

Sebagai contoh sederhana terdapat program yang tak dapat dihapus. Tapi pada safe mode, pasti program tersebut dapat dihapus dengan sangat mudah. Dan untuk memasuki Safe Mode pun memiliki banyak cara, tapi artikel ini hanya akan menjelaskan cara yang paling mudah diantara itu.

Tutorial Masuk Safe Mode pada Windows 10

Walau menggunakan metode lama masih efektif, yakni menekan tombol F8 ketika logo komputer menyala. Tetapi masih ada cara lain yang dapat kamu lakukan lebih mudah. Yaitu melalui Konfigurasi Sistem.

  1. Tekan tombol WINDOWS+R pada keyboard dan ketik msconfig lalu ENTER

    Ketik MSCONFIG pada Perintah RUN

  2. Klik pada tab Boot

    Menuju Tab Boot

  3. Beri centang pada opsi Safe Boot dan pilih jenisnya sesuai yang dibutuhkan, secara default adalah Minimal

    Memberi Centang pada Opsi Safe Boot

  4. Tahap terakhir, klik tombol Apply dan restart komputer.

    Menekan Tombol Apply

Setelah me-restart, komputer pasti telah memasuki safe mode dan kamu dapat melakukan apa saja yang diperlukan. Untuk mengetahui lebih pasti apakah cara ini berhasil adalah wallpaper akan berubah menjadi hitam dan dipojok akan ada tulisan safe mode.

Baca juga: Cara Masuk ke Safe Mode pada Windows 7

Cara Keluar dari Safe Mode di Windows 10

Jika biasanya keluar dari safe mode akan secara otomatis dilakukan saat mematikan (power off) terhadap komputer dan menyalakannya lagi. Tapi jika menggunakan cara diatas akan sedikit berbeda, karena kamu harus menonaktifkannya lagi secara manual.

Caranya sangat sederhana, cukup ikuti cara diatas sampai langkah ke-2, kemudian jangan centang pada opsi Safe Boot dan lanjutkan menekan tombol Apply dan lakukan restart.

Tidak Memberi Centang pada Opsi Safe Boot

Tentu kini komputer sudah kembali pada modus normal, dan untuk mengetahuinya lebih pasti adalah wallpaper tidak hitam lagi dan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Safe Mode lebih sering digunakan untuk melakukan perbaikan pada komputer. Misalnya mengidentifikasi suatu proses yang mencegah tindakan, contohnya proses yang membuat program lain tak berjalan dengan seharusnya.

Selain itu masih banyak lagi kegunaan pada modus tersebut, dan yang pasti safe mode ini terbatas. Beberapa program mungkin tidak akan bisa dibuka, seperti Office dan sebagainya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment