≡ Menu

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi? Ini Solusinya

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi? Ini Solusinya

Meski pengguna laptop lebih banyak yang menggunakan Mouse karena praktis, namun kegunaan dari touchpad ini masih diperlukan sebagai pelengkap apabila suatu saat mouse kamu rusak atau ketinggalan di rumah.

Tentu akan menjadi masalah lagi jika mouse ketinggalan dan touchpad tidak berfungsi. Pastilah takkan ada cara untuk mengontrol pergerakan kursor pada saat itu. Dan dari kebanyakan kasus, kendala touchpad yang tak berfungsi ini merujuk pada driver.

Kejadian galat pada driver memang tak dialami pada fungsional touchpad saja, tapi kadang itu juga bisa terjadi pada keyboard. Jadi solusi paling maksimal untuk mengatasi hal ini adalah memasang ulang drivernya.

Tapi sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya untuk mengatasi ini dengan cara yang mudah terlebih dahulu, karena siapa tahu masalahnya tak separah yang dipikirkan.

Baca juga: Cara Mematikan Touchpad pada Laptop dengan Mudah

1. Memastikan Touchpad Sudah Aktif

Siapa tahu saat ini Touchpad kamu tidak aktif akibat terdapat program yang mematikannya atau kepencet sebelumnya. Untuk itu silakan cek apakah touchpad saat ini sudah aktif atau tidak untuk memastikannya.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad, bisa dengan cara menekan tombol FN+F7 dan ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu ikon touchpad pada keyboard laptop, karena dibeberapa merk, tombol touchpad berada di F9 atau F6.

2. Mencabut Perangkat USB yang Terhubung

Sebagian USB input-device dapat menonaktifkan touchpad ketika ia terhubung. Baik itu USB keyboard, headset, atau mouse. Bisa dikatakan ini adalah malfungsi sistem yang mengakibatkan touchpad tidak bekerja saat itu.

Solusinya adalah matikan laptop terlebih dahulu dan kemudian cabut semua USB yang terhubung. Setelah itu hidupkan laptop dengan satu USB yang ingin kamu gunakan untuk meninjau perangkat USB mana yang berpengaruh terhadap touchpad.

3. Memperbarui Driver Touchpad

Dengan memperbarui driver, memungkinkan kesalahan sebelumnya akan hilang. Itu termasuk pada kendala touchpad yang tidak berfungsi ini. Jadi ada baiknya untuk mencoba melihat apakah ada pembaruan terhadap touchpad. Dan jika memang ada, silakan untuk diperbarui.

Untuk memperbarui driver, berikut ini caranya:

  1. Silakan klik START/SEACRH dan ketik Device Manager lalu ENTER.
  2. Kemudian klik Mice and Other Pointing Devices dan klik lagi pada Compatible Pointing Devices.
  3. Menuju tab Driver dan klik pada tombol Update Driver untuk mulai memperbaruinya.

Ini akan memakan waktu yang singkat dan pastikan koneksi internet tersedia supaya proses pembaruan bisa berhasil.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Mouse pada Komputer

4. Menginstal Ulang Driver Touchpad

Hampir sama seperti memperbarui driver, dimana pada bagian Tab driver, kamu bisa menekan tombol Uninstall dan kemudian ikuti prosedurnya sampai driver touchpad telah terhapus pada sistem.

Ketika driver sudah terhapus, kamu cukup me-restart laptop saja dan kemudian driver touchpad akan dipasang secara otomatis oleh sistem. Jadi secara keseluruhan ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasinya karena driver akan dikembalikan dengan versi pabrikan.

5. Kemungkinan Terdapat Kerusakan pada Hardware

Dan jika kamu telah mencoba keseluruhan solusi diatas dan touchpad tak berfungsi juga, ada kemungkinan masalahnya ada pada sisi hardware. Jadi tak ada cara lain lagi kecuali membawa laptopnya ke customer service sesuai merk laptop atau tukang servis terdekat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment