≡ Menu

Tips dan Cara Membeli Hashrate di Nicehash

Tips dan Cara Membeli Hashrate di Nicehash

Uang internet atau juga disebut sebagai Cryptocurrency kini memiliki banyak kegunaan, tak heran lagi mengapa banyak orang yang ingin mendapatkan itu dengan berbagai cara, seperti melakukan mining atau trading, karena setiap tahun banyak bertambah toko online yang menerima pembayaran dalam bentuk uang internet ini.

Melakukan mining atau trading memiliki jenis kesulitan yang berbeda. Jika trading harus bisa memprediksi perhitungan harga, sedangkan melakukan mining memerlukan alat yang tidak murah supaya hasilnya menguntungkan dengan hashrate yang tinggi.

Membahas tentang mining, sebenarnya kamu juga bisa lho membeli hashrate tanpa memiliki alat mining. Yaitu menggunakan layanan yang disediakan oleh situs bernama Nicehash. Dan kamu bisa membeli itu dengan Bitcoin.

Baca juga: Cara Mengirim dan Menerima Saldo Monero XMR

Apa itu Nicehash dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Nicehash adalah layanan cloud mining cryptocurrency yang menghubungkan antara penjual dan pembeli hashrate atau hashpower dengan sistem yang unik. Para penjual hashpower adalah orang yang melakukan mining ke server Nicehash, dan mereka akan mendapatkan komisi dengan harga yang sudah disesuaikan.

Sementara para pembeli, akan menggunakan hashpower yang telah dibelinya untuk bisa melakukan mining menuju server pool apapun. Dan harga dari hashpower yang dibeli sangat bervariasi dan tergantung dari rate yang telah ditetapkan oleh sistem.

Apakah Membeli Hashrate Hasilnya Menguntungkan?

Mungkin sebagian orang akan bertanya “jika mereka bisa memanfaatkan hashrate untuk melakukan mining sendiri, kenapa harus menjualnya?” Dan jawabannya adalah “melakukan mining itu tidak sepenuhnya beruntung, karena kadang juga bisa sial”.

Jadi yang diperlukan para pembeli hashpower adalah strategi supaya hasilnya tetap menguntungkan. Ini tidak akan cocok bagi seseorang yang belum pernah melakukan mining sebelumnya, sebab dampaknya akan buruk dan justru akan membuang-buang uang saja.

Nah, jika sekiranya kamu sudah paham betul, tidak masalah untuk mencoba peruntungan untuk membeli hashpower di Nicehash, dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana tata caranya.

Tutorial Membeli Hashrate di Nicehash

Ada dua jenis yang bisa dibeli, yaitu Standar dan Fixed. Jika kamu membeli Standar, maka akan diberikan harga yang paling murah. Tapi untuk mendapatkan kecepatan hashrate yang diinginkan, kamu harus meningkatkan harganya, dan setiap kali ada yang membeli lebih mahal dari harga yang kamu tetapkan, maka kecepatan pada pembelian kamu akan menurun kecuali kamu juga meningkatkan harganya.

Sedangkan jika kamu membeli tipe Fixed, harganya tidak akan bisa diubah, namun meski ada yang membeli dengan harga diatasnya, sistem Nicehash menjamin bahwa kamu akan tetap mendapatkan kecepatan hashrate yang telah diatur tanpa ada pengurangan.

Sebelum membeli hashrate, pastikan bahwa kamu telah memiliki saldo yang cukup. Minimal untuk membeli hashrate adalah 0.005 Bitcoin. Silakan deposit terlebih dahulu pada wallet yang telah disediakan disana.

Jika saldo telah siap, berikut ini tata cara membeli hashrate di Nicehash:

  1. Silakan menuju Nicehash Marketplace dan pilih Algoritma apa yang ingin digunakan. Contohnya jika ingin mining Monero, harus memakai Algoritma Cryptonight.

    Memilih Jenis Algoritma di Nicehash

  2. Kemudian pilih jenis pembelian apa yang diinginkan antara Standar atau Fixed.

    Memilih Antara Standar atau Fixed

  3. Pada opsi Pool, silakan pilih Add new Pool dan tambahkan server pool yang ingin di-mining. Tapi jika sebelumnya sudah menambahkan, silakan langsung pilih namanya.

    Menambahkan Pool pada Nicehash

  4. Jika sudah, isikan harga yang ingin kamu tetapkan pada kolom Price (tidak tersedia apabila membeli jenis Fixed).

    Setelah itu pada kolom Limit digunakan untuk membatasi hashrate yang diterima. Dan disampingnya adalah kolom Ammount digunakan untuk menambah berapa banyak saldo yang ingin ditambahkan ke pembelian ini.

    Membatasi Hashrate dan Mengatur Saldo

  5. Selanjutnya centang tombol persetujuan dan klik tombol Place Order.

    Klik Tombol Place Order untuk Mulai Membeli Hashrate

  6. Selesai, sekarang kamu dapat memantau pembelian hashrate pada Marketplace.

    Pembelian Hashrate di Nicehash telah Berhasil

Sekarang coba lihat pada pool yang kamu gunakan, pasti hashrate sudah diterima dan bahkan kadang bisa lebih besar daripada perhitungan oleh sistem Nicehash. Dan bagian terbaiknya adalah, Nicehash hanya akan membayar dari shares yang diterima.

Sementara itu apabila kamu memilih untuk membatalkan pembelian, sisa saldo akan dikembalikan ke wallet.

Tips Untung Membeli Hashrate di Nicehash

Sebenarnya yang perlu diperhatikan ketika membeli hashrate di Nicehash adalah kalkulasi dan memilih koin yang tepat untuk di-mining. Jika kamu merencanakan untuk melakukan mining dalam jangka panjang, sangat disarankan untuk memilih pembelian dengan jenis Standar. Dan sebaliknya, untuk jangka pendek pakai pembelian jenis Fixed.

Kamu harus benar-benar tahu keadaan pool yang akan dimining, seperti tingkat luck (keberuntungan) dalam mendapatkan block dan uptime dari servernya. Karena jika pool tidak luck apalagi servernya sering down, maka itu akan merugikan.

Usahakan untuk jangan melakukan solo mining apabila budget yang dikeluarkan sedikit, karena itu berat dan kamu gak akan kuat. Jika budget pas-pasan, sebaiknya pakai PPLNS mining saja, dan itu juga kembali melihat dari tingkat luck pool dan seberapa banyak block yang didapat tiap harinya.

Baca juga: Cara Beli Pulsa Menggunakan Bitcoin

Akhir Kata

Itulah cara dan tips membeli hashrate atau hashpower di Nicehash. Jangan berharap mendapatkan untung yang sangat banyak dari membeli hashrate, kemungkinan keuntungan yang bisa didapatkan adalah sekitar 5% sampai maksimal 20% saja sesuai pengalaman Saya sendiri.

Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan atau barangkali kamu memiliki suatu tips lain dalam membeli hashrate di Nicehash, silakan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment