≡ Menu

Cara Menukar Monero Menjadi Bitcoin dengan Cepat

Monero atau yang lebih dikenal sebagai XMR adalah salah satu mata uang digital sejenis Bitcoin yang memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Salah satu keunggulan paling terbaik adalah mampu menjaga privasi, sehingga kamu bisa menerima atau mengirimkan koin secara anonim.

Walau Monero tak populer layaknya Bitcoin, namun koin yang satu ini juga mendukung di banyak situs lho, salah satunya di CoinPayments. Sementara itu, kamu juga bisa menukar Monero menjadi Bitcoin dengan sangat cepat, dan tata caranya akan dibagikan di artikel ini.

Karena kalau dibandingkan, Monero memang masih kalah dengan Bitcoin. Dilihat dari segi harga dan juga situs-situs yang mendukung pembayaran dengan mata uang tersebut. Sehingga banyak orang yang lebih ingin menukar Monero sebagai Bitcoin.

Baca juga: Cara Mengirim dan Menerima Saldo Monero XMR

Bagaimana Menukar Monero Menjadi Bitcoin?

Ada dua cara paling mudah untuk mengubah Monero menjadi Bitcoin. Keduanya memiliki cara praktis dan instan, sehingga kamu bisa langsung menerima Bitcoin tanpa menunggu konfirmasi lagi. Dan cara ini tidak memanfaatkan situs Trade.

Menukar Monero ini sama halnya dengan membeli Bitcoin. Namun membahas tentang rate atau harga, tak usah khawatir, karena harganya tak beda jauh dengan harga asli dan kamu bisa memilih mana yang sekiranya lebih menguntungkan.

1. Melalui Situs XMR.TO

Tim Monero Core membentuk situs bernama XMR.TO yang memungkinkan kamu untuk membelanjakan Monero di situs yang menerima pembayaran Bitcoin. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan situs ini untuk menukar Monero ke Bitcoin sebanyak yang diinginkan dengan rate yang paling terbaik.

Selengkapnya mengenai tata cara menggunakannya, silakan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka situs web XMR.TO.
  2. Pada bagian Create Order, isikan kolom atas dengan alamat Bitcoin kamu. Dan kolom kedua isikan nominal Bitcoin yang ingin dibeli dengan Monero.

    Disini contohnya Saya ingin membeli 0.0024338 BTC. Centang persetujuan dan klik tombol Next Step

    Klik Tombol Next Step di XMR.TO

  3. Akan tampil berapa total Monero yang harus dibayar, dan jangan lupa simpan Secret Key yang tampil pada halaman tersebut.

    Centang opsi “I’ve saved my Secret Key“, lalu klik tombol Proceed to Payment

    Proses Pembayaran di XMR.TO

  4. Sekarang kamu cukup mengirimkan saldo Monero sesuai nominal menuju alamat Monero yang tampil disana.

    Proses Mengirim Saldo Sesuai Nominal yang Tertulis

  5. Setelah saldo dikirim, tunggu setidaknya 1 menit, dan kemudian status pada halaman tersebut akan berubah menjadi berhasil.

    Dibawahnya juga terdapat TX ID yang bisa di-track melalui Blockchain Explorer.

    Proses Menukar Monero Menjadi Bitcoin Telah Berhasil

  6. Tahap terakhir, buka wallet Bitcoin kamu, dan lihat pada transaksi pending. Pasti Bitcoin sudah masuk sesuai nominal.

    Menukar Monero Berhasil dan Saldo Bitcoin Sudah Masuk

Situs XMR.TO mengirimkan Bitcoin secara instan setelah mereka mendapatkan Monero sesuai nominal. Pastikan bahwa kamu mengirimkan sesuai nominal supaya tak ada kesalahan yang terjadi. Dan meskipun terdapat kesalahan, itu juga bisa diatasi dengan menghubungi mereka melalui email dengan memberikan Secret-Key yang disimpan tadi.

2. Menggunakan Aplikasi Cryptonator

Cryptonator merupakan sebuah wallet yang dapat menyimpan berbagai jenis altcoin hanya dengan satu aplikasi saja. Fitur unggulannya adalah exchanger atau penukaran. Dan tentunya Cryptonator mendukung untuk menukar XMR ke BTC.

Proses pertukaran berlangsung instan. Yang diperlukan hanyalah mengisi saldo Monero pada wallet Cryptonator dan kemudian melakukan penukaran sesuai rate yang diberikan oleh mereka.

Jika membandingkan rate penukaran, tentu Cryptonator masih kalah sama XMR.TO. Namun menukar di Cryptonator sangat mudah sekali dan kamu pun dapat menukarnya dengan koin lain seperti Doge atau LTC.

Tertarik ingin mencobanya? Silakan unduh sekarang aplikasi Cryptonator di Play Store.

Baca juga: Tutorial Membayar dengan Bitcoin di CoinPayments

Kesimpulan

Antara kedua cara diatas terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun jika ingin hasil yang baik, lebih baik gunakan cara pertama. Sebab wallet yang tersimpan di Cryptonator tidak dikelola oleh kita, melainkan oleh mereka. Sehingga kita tak mendapatkan akses seperti seed atau private view-key.

Selain itu fee atau pajak yang ada di Cryptonator pada Bitcoin terbilang cukup besar, berbeda jauh dengan wallet lain yang bisa diatur manual. Tapi keunggulan dari Cryptonator adalah kemudahan dalam transaksi, dan cocok bagi pemula.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment