≡ Menu

Mengatasi VPN di Opera Bermasalah

Mengatasi VPN di Opera Bermasalah

Sampai sejauh ini hanya browser Opera saja yang memiliki fitur VPN guna untuk menjaga privasi dan membuka situs web yang diblokir. Selain gratis, koneksi VPN tersebut juga terbilang stabil dan terdapat di 3 lokasi negara berbeda.

Penggunaan VPN pada Opera juga sangat mudah sekali, tapi adapun kendala yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Yakni seperti proses menyambung ke VPN yang sangat lama, sehingga itu tidak kunjung tersambung dan cuma berwarna jingga saja.

Jika tersambung pastilah ikon VPN sudah berubah warna menjadi biru, tapi apabila sudah menunggu waktu lama dan ikonnya masih berwarna jingga, pastinya terdapat masalah yang membuatnya gagal untuk terhubung.

Baca juga: Cara Menghilangkan Berita pada Browser Opera PC

Solusi VPN Bermasalah di Browser Opera

Jika kamu mengalami masalah yang sama, janganlah cemas karena artikel ini akan memberikan solusi untuk mengatasinya supaya VPN di browser Opera bisa terhubung kembali.

Berharaplah bahwa masalah ini tidak sampai ke jaringan, misalnya diblokir oleh operator. Sebab jika sudah seperti itu, tentunya server VPN dari Opera takkan lagi merespon oleh jaringan yang kamu gunakan.

1. Ubah Lokasi Negara

Siapa tahu cara yang paling termudah kadang bisa mengatasi masalah. Jadi silakan coba ubah lokasi server negara di VPN Opera. Secara default itu diatur “Optimal”, dan sebagai saran ubahlah menjadi Asia.

Setelah mengubah server, tunggulah setidaknya beberapa saat hingga terhubung. Dan jika berhasil, berarti server lain sedang bermasalah sementara, untuk itu pilih server secara manual untuk bisa terhubung ke VPN.

2. Perbaiki Browser Opera dari Control Panel (Instal Ulang)

Cara ini hampir sama seperti menginstal ulang, akan tetapi Opera sendiri telah menyediakan fitur untuk memperbaiki sehingga proses instal ulang bisa dilakukan cepat tanpa perlu melakukannya secara manual.

Untuk melakukannya, silakan menuju Control Panel > Uninstall a Program > Opera > Re-Install. Tunggu prosesnya sampai selesai dan kemudian cobalah akses kembali fitur VPN yang ada di Opera.

3. Kemungkinan ISP Memblokir Server VPN Opera

Hal yang paling dikhawatirkan adalah ketika ISP (Internet Service Provider) yang kamu gunakan sedang memblokir server Opera. Sehingga tidak ada cara lain untuk mengatasinya kecuali kamu berpindah menggunakan layanan VPN yang lain.

Alternatif lainnya adalah mencoba menggunakan jaringan internet yang lain untuk sekedar memastikan. Misalnya apabila kamu sekarang menggunakan WiFi, cobalah mengakses internet memakai modem dengan jaringan operator yang berbeda. Dan apabila memakai modem berhasil terhubung ke VPN, berarti hanya jaringan WiFi saja yang memblokir server VPN.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Modus Turbo pada Opera PC

Kesimpulan

Kendala terhadap fitur VPN di Opera ini tidaklah parah dan hanya mengacu pada dua hal saja, yaitu browser dan jaringan. Jika pun kendalanya hanya dari berkas di browser saja, itu bisa diatasi dengan menginstal ulang.

Sedangkan jika masalahnya ada di jaringan, seperti ISP yang memblokir server VPN Opera, tentunya tak ada cara lain kecuali mengganti jaringan internet atau paling tidak adalah memakai layanan VPN yang lain.

Saat ini juga banyak lho layanan VPN gratis yang bisa di-integrasikan langsung ke browser melalui fitur extension atau add-on. Itu bisa dijadikan alternatif apabila cara diatas tidak berhasil.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment