≡ Menu

Mencari Lowongan Pekerjaan Melalui Facebook

Seiring berjalannya waktu, platform sosial media Facebook memiliki perkembangan yang sangat baik. Mulai dari fitur jual beli, hingga lowongan pekerjaan. Jadi apabila kamu sedang berencana untuk mencari pekerjaan, mungkin bisa mengintip terlebih dahulu di Facebook sebagai cara yang praktis.

Facebook menawarkan fitur Lowongan Pekerjaan yang sangat mudah untuk digunakan. Kamu dapat memakainya untuk mencari pekerjaan baru atau justru merekrut seorang pekerja, dan Facebook memberikan daftar lowongan pekerjaan dari yang paling dekat dengan lokasi kamu saat ini.

Fitur tersebut dapat diakses melalui Facebook di ponsel ataupun desktop. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara penggunaannya melalui ponsel. Dan yang diperlukan saat ini pastinya adalah akun Facebook saja.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Hari Ulang Tahun di Facebook

Tutorial Mencari Lowongan Pekerjaan Melalui Facebook

Sebelum mulai untuk mencari, silakan untuk memperbarui terlebih dahulu aplikasi Facebook yang ada di ponselnya. Dan jika sudah, silakan ikuti tata caranya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Facebook atau Facebook Lite di ponsel.
  2. Tekan opsi menu (strip 3) dibagian atas paling kanan.

    Tekan Opsi Strip Tiga

  3. Gulir kebawah dan pilih menu Pekerjaan.

    Memilih Menu Pekerjaan

  4. Disinlah kamu bisa mencari daftar pekerjaan yang tersedia. Silakan cari dan jika sekiranya ada yang cocok, cukup tekan pada lowngan pekerjaan tersebut.

    Mencari Lowongan Pekerjaan Melalui Facebook

  5. Maka akan ditujukan ke bagian detil lowongan pekerjaan tersebut, segala informasi seperti minimal/maksimal usia, ijazah, dan lain-lain biasanya tampil dibagian ini.

    Jika kamu ingin melanjutkan, silakan ketuk tombol Lamar Sekarang.

    Mulai untuk Melamar Pekerjaan Melalui Facebook

  6. Sekarang akan muncul formulir untuk mengisi beberapa hal penting seperti nama lengkap, nomor HP, dan juga Pendidikan.

    Sebaiknya di-isi semuanya dan apabila sudah, ketuk tombol Kirim.

    Mengirimkan Lamaran Pekerjaan

Selesai mengirimkan lamaran, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menunggu sampai mendapat keputusan dari mereka. Dan pastikan nomor telepon yang kamu masukkan sudah benar, karena bisa jadi mereka akan menghubungi melalui nomor telepon untuk melakukan interview lebih lanjut.

Mengapa Fitur Lowongan Pekerjaan di Facebook Tidak Menampilkan Apapun?

Ada kalanya kamu mendapati masalah sejenis ini. Hal tersebut disebabkan karena tiga hal. Yang pertama adalah memang tidak ada lowongan pekerjaan yang tersedia untuk saat ini.

Yang kedua adalah kamu tidak mengizinkan akses Lokasi ke Facebook. Dan yang terakhir adalah kamu tidak mengatur informasi Kota pada akun Facebook.

Terkadang daftar lowongan yang tersedia bertempat sangat jauh, dan hal tersebut bisa disebabkan karena setelan informasi kota yang tidak benar pada akun Facebook kamu. Jadi silakan atur ulang informasi kota pada akun untuk mendapatkan daftar lowongan pekerjaan paling dekat dari lokasi.

Baca juga: Solusi Mengatasi Something Went Wrong pada Facebook

Kesimpulan

Dengan cara ini, kamu tak perlu lagi susah payah mencari lowongan pekerjaan yang ada di koran-koran, karena mencari di Facebook sepenuhnya sangat mudah. Dan sebagai saran, selalu lihat pada bagian deskripsi, karena informasi mengenai info pekerjaan, minimal kriteria, dan gaji kadang tampil disana.

Satu tambahan lagi, yaitu jangan terkecoh dengan lowongan yang meng-iming-iming gaji besar, bisa jadi itu adalah bisnis yang beresiko (contoh: MLM). Jadi bijaklah dalam memilih lowongan pekerjaan di Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment