≡ Menu

7 Manfaat Menggunakan Cloudflare untuk Website

7 Manfaat Menggunakan Cloudflare untuk Website

Tak diragukan lagi, menggunakan Cloudflare memiliki banyak sekali manfaat terhadap website. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan kecepatan situs dan juga menambah keamanan lebih ketat dari bot dan juga aktivitas DDoS.

Jika ini pertama kalinya kamu mendengar mengenai Cloudflare, itu merupakan situs layanan CDN (Content Delivery Network) dan juga perusahaan keamanan terkenal yang menyediakan akses gratis kepada semua pemilik situs web di internet.

Selain gratis, masih banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan Cloudflare. Tentunya kamu takkan kecewa ketika memakainya, karena fitur yang disediakan bisa dikatakan “terlalu banyak” untuk pengguna gratis. Dan berikut ini 7 manfaatnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memakai Sistem Cache pada Website

7 Manfaat Menggunakan Cloudflare

1. Loading Website Semakin Cepat

Dengan menggunakan DNS dari Cloudflare akan mempercepat loading halaman lebih baik dari sebelumnya. Karena pengunjung akan diberikan lokasi server terdekat yang memungkinkan proses mengakses sangat cepat dari sebelumnya.

Sebagai contoh apabila server website kamu saat ini berlokasi di Amerika, tentunya latency yang didapatkan dari Indonesia akan tinggi. Berbeda jika sudah menggunakan Cloudflare, ketika mengakses situs akan diberikan server dengan lokasi paling dekat seperti Singapore, yang mana latency akan semakin rendah.

2. Tahan Terhadap Serangan DDoS

Cloudflare dapat menahan situs web kamu dari serangan DDoS dan kamu dapat me-mitigasi secara langsung dengan cara memblokir IP yang dianggap melakukan hal tersebut. Selain itu juga terdapat fitur bernama “Under Attack Mode“.

Fitur tersebut bertujuan untuk melindungi situs web apabila saat sedang diserang. Jadi ketika kamu mengaktifkan fitur tersebut, seluruh pengunjung akan diminta untuk menunggu setidaknya 5 detik dan kemudian halaman akan dimuat.

3. Minification Tanpa Plugin Lagi

Minification adalah teknik untuk mempercepat situs web dengan cara menggabungkan kode HTML, CSS, atau JS menjadi satu baris. Faktanya teknik tersebut dapat berpengaruh baik terhadap loading situs web setidaknya 5% dari sebelumnya.

Biasanya teknik ini hanya akan mudah diterapkan dengan bantuan plugin, karena akan sulit melakukannya secara manual. Tapi dengan bantuan Cloudflare, kamu dapat menikmati fitur Minification ini secara gratis tanpa perlu tambahan plugin lagi.

4. Gratis SSL

Penggunaan SSL pada website dapat dipakai untuk mencegah kebocoran data akibat penyadapan. Dengan mengaktifkan SSL, situs kamu akan dapat diakses melalui koneksi HTTPS dan bukan HTTP lagi.

Cloudflare menyediakan sertifikat universal SSL secara gratis, tapi apabila kamu ingin menggunakan custom SSL seperti Comodo atau GeoTrust, maka kamu harus membeli dan mengunggah sertifikat disana.

5. Browser Caching

Kegunaannya adalah untuk menyimpan cache pengunjung yang mengakses local resource semacam file javascript dan sebagainya, sehingga ketika mereka mengaksesnya lagi, akan diberikan versi cache.

Atau intinya, ini bisa meningkatkan kecepatan loading situs. Dan tidak ada masalah juga apabila kamu sudah menggunakan plugin cache pada situs, justru itu lebih baik lagi.

6. Memperkecil Ukuran Gambar (Cloudflare PRO)

Ketahulah bahwa situs yang lambat itu kebanyakan akibat dari gambar yang muncul pada halaman. Dengan bantuan Cloudflare, setiap gambar yang ada akan dioptimisasi supaya ukurannya tidak terlalu besar dan kualitasnya tetap terjaga.

Jadi apabila kamu memiliki banyak gambar pada setiap halaman, ada baiknya untuk memakai fitur Image Optimization. Namun fitur tersebut berbayar dan tidak gratis.

7. Statistik Pengunjung

Yang terakhir adalah adanya fitur statistik pengunjung. Dimana kamu bisa melihat seberapa banyak orang yang mengakses website dalam sehari. Tersedia pula statistik untuk melihat ancaman yang memungkinkan terjadi.

Walau statistik yang disediakan tidak banyak, akan tetapi itu sudah cukup untuk fitur gratis. Bukankah begitu?

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Situs WordPress pada Shared Hosting


Bagaimana, Apakah kamu tertarik menggunakan Cloudflare? Saat ini mesin telusur lebih suka lho terhadap situs yang cepat diakses, karena itu akan menambah reputasi website dan mendapatkan posisi yang lebih baik pada SERP.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment