≡ Menu

Nomor WhatsApp Diblokir? Ini Penyebab dan Solusinya

Nomor WhatsApp Diblokir? Ini Penyebab dan Solusinya

Aplikasi chatting WhatsApp kini hampir dimiliki oleh semua pengguna smartphone. Terdapat kemudahan untuk berkomunikasi secara gratis, baik itu mengirim teks, atau melakukan video call. Keamanan yang disediakan sudah sangat baik dan perpesanan pun takkan bisa disadap dengan mudah.

Meski kenyamanan selalu diunggulkan pada WhatsApp, namun ada hal-hal yang mengejutkan bisa terjadi kapan saja. Sebagai contoh adalah nomor yang diblokir. Tentunya hal ini akan membuat sedih apalagi nomornya dipakai untuk keperluan penting.

Dibalik nomor yang telah diblokir, sebenarnya ada lho penyebab yang memungkinkan itu bisa terjadi. Mungkin saja kamu melakukan salah satu dari penyebab itu sehingga WhatsApp langsung memblokir tanpa ada toleransi.

Baca juga: Cara Menyimpan Foto Profil WhatsApp Milik Seseorang

Penyebab Nomor WhatsApp Diblokir

Hal kecil saja sebenarnya bisa membuat nomor terblokir. Dan jika sudah diblokir, pastinya nomor itu takkan bisa dipakai lagi untuk menggunakan WhatsApp. Jadi supaya hal ini tidak pernah terjadi, hindari semua penyebab dibawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Mod

Merupakan salah satu hal yang tak disadari oleh banyak orang. Fitur yang tersedia pada WhatsApp yang telah dimodif memang lebih banyak, bahkan bisa dipakai untuk mengirimkan video lebih dari 30 detik. Tapi disisi lain terdapat efek samping yang menyebabkan nomor bisa diblokir.

Ini memang jarang terjadi, tapi sebagai saran untuk tidak membiasakan memakai WhatsApp Mod dan kembali menggunakan versi original apabila tidak ingin ada hal janggal terjadi pada nomornya.

2. Mengirim Pesan SPAM ke Banyak Orang

Tentunya mengirim pesan spam ke banyak nomor sekaligus sudah termasuk pelanggaran. Baik itu digunakan untuk promosi atau hal-hal lainnya, tapi ini sangat beresiko nomor diblokir apabila ada seseorang yang melaporkan pesan spam yang kamu kirimkan.

Pesan spam yang dimaksud disini meliputi banyak hal. Sebagai contoh adalah mengirimkan berita hoax, ungkapan kebencian, atau lain-lain yang bersifat menganggu. Jadi jangan terpancing apabila kamu disuruh untuk menyebarkan pesan yang dikirim oleh teman, karena itu sangat beresiko.

3. Nomor Dilaporkan Oleh Banyak Orang

Yang satu ini memang kelihatan aneh, tapi pada dasarnya nomor yang dilaporkan oleh banyak orang memang ampuh untuk membuat nomor itu terblokir. Sama halnya seperti di sosial media, ketika akun dilaporkan bersama-sama, maka akun tersebut bisa dinonaktifkan.

Untuk menghindari kejadian ini sangatlah mudah, yaitu jangan bergabung kedalam grup yang tidak dikenal. Jika pun kamu ditambahkan oleh teman ke grup yang tak dikenal anggotanya, sebaiknya untuk langsung keluar.

Baca juga: Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

Solusi Nomor yang Sudah Diblokir di WhatsApp

Masih ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat nomor yang diblokir bisa dipakai kembali. Yaitu mengajukan banding pada WhatsApp. Tapi cara ini hanya akan berhasil apabila sistem WhatsApp memblokir nomor kamu karena kesalahan. Tapi jika ini akibat dari melanggar ketentuan, nomor akan tetap diblokir.

Untuk mengajukan banding, silakan mengunjungi halaman Hubungi WhatsApp. Dan kemudian pada bagian Dukungan WhatsApp Messenger, klik pada link hubungi kami dan ikuti prosedurnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment