≡ Menu

Mengganti Alamat IP Melalui Command Prompt

Mengganti Alamat IP Melalui Command Prompt

Ada dua jenis alamat IP yang cukup dikenal oleh banyak orang. Yaitu IP Publik yang biasa terpapar ketika membuka sebuah situs web di internet. Dan satunya lagi adalah IP Lokal yang hanya bisa dilihat oleh pengguna lokal atau satu router yang sama.

Jika biasanya mengganti IP lokal dapat mudah dilakukan melalui Network Settings, namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah lho, yaitu melalui Command Prompt. Ini sangat cocok bagi pengguna yang sering gonta-ganti IP untuk suatu keperluan.

Disini akan dibagikan tata cara untuk mengubah alamat IP (ipv4) melalui Command Prompt. Ini memungkinkan kamu bisa mengubah alamat IP lokal lebih cepat tanpa perlu klik-klik lagi. Dan cara ini pun fungsionalnya sama seperti mengubah melalui Network Settings, jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Tutorial Memasang Python di Komputer Windows

Ubah Alamat IP Lokal Lewat Command Prompt

Cara ini hanya dapat dilakukan melalui Elevated Command Prompt atau istilahnya adalah menjalankan Command Prompt pada modus Administrator. Jadi untuk mulai melakukannya, silakan klik Search dan ketik CMD kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator.

Menjalankan Command Prompt pada Modus Administrator

Selanjutnya perhatikan dahulu perintah dibawah ini:

netsh interface ip set address name=”Local Area Connection” static 192.168.0.200 255.255.255.0 192.168.0.1

Penjelasan dari perintah diatas adalah mengubah alamat IP lokal pada jaringan bernama “Local Area Connection” menjadi statis. Sehingga dilanjutkan dengan mengatur alamat IP manual sebagai “192.168.0.200” dan Subnet sebagai “255.255.255.0” dan yang terakhir adalah Gateway sebagai “192.168.0.1”.

Kamu dapat mengubah alamat IP tersebut sesuai yang diharapkan, dan yang terpenting adalah jangan sampai salah mengatur pada nama jaringan yang digunakan. Karena dalam beberapa kasus, Local Area Connection yang ada di komputer ada banyak dan diakhiri dengan angka, misalnya Local Area Connection 6.

Setelah mengaturnya dengan benar, silakan eksekusi pada Command Prompt, dan tidak butuh waktu lama setelan IP akan langsung berubah dan kamu bisa melihat hasilnya dengan mengetik perintah ipconfig dan melihat IP yang digunakan saat ini.

Baca juga: Cara Menjalankan Perintah CMD Secara Bersamaan

Mengembalikan IP Menjadi Dinamis (DHCP)

Mengatur sebagai statis ibarat memilih sendiri IP yang akan digunakan nantinya. Berbeda jika mengatur sebagai dinamis atau biasa dikenal sebagai DHCP, dimana IP akan langsung didapatkan dari router secara otomatis.

Dan untuk mengaturnya kembali menjadi dinamis, berikut ini perintahnya:

netsh interface ip set address name=”Local Area Connection” source=dhcp

Sama seperti cara diatas tadi, Command Prompt harus dijalankan pada modus Administrator supaya perintah dapat berhasil dijalankan. Dan sekali lagi, jangan sampai lupa untuk mengubah nama jaringan sesuai yang dipakai sekarang.

Mungkin awal kali menggunakan perintah tersebut akan sedikit sulit untuk diingat karena terlalu panjang. Akan tetapi jika kamu terbiasa memakainya, pastilah itu bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment