≡ Menu

Cara Mengecek Versi BIOS pada Windows

BIOS merupakan software yang paling berpengaruh terhadap komputer. Kamu tidak harus untuk terus memperbarui selama tak ada masalah yang dialami ketika memakai komputer. Kecuali jika memang terdapat suatu masalah yang bersifat menganggu, maka melakukan update BIOS adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya.

Sebelum memperbarui, satu hal utama yang penting untuk diketahui adalah versi. Dengan mengetahuinya, memungkinkan kamu tidak salah dalam menentukan versi apa yang akan dipilih ketika hendak memperbaruinya.

Pada artikel ini akan dibagikan tutorial untuk mengecek versi BIOS dengan mudah. Tak perlu memasang program tambahan lagi, sebab Windows telah memiliki fitur untuk mengetahui versinya dengan akurat.

Baca juga: 5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Cek Versi BIOS Melalui CMD (Command Prompt)

Cara ini dapat diterapkan untuk semua varian OS Windows, dan yang diperlukan hanyalah menjalankan CMD sebagai administrator, atau istilahnya adalah Elevated Command Prompt.

Untuk mulai melakukannya, silakan klik START atau SEARCH kemudian ketik Command Prompt, selanjutnya klik kanan dan pilih Run as Administrator.

Menjalankan Command Prompt Sebagai Administrator

Jika Command Prompt telah terbuka, silakan ketik perintah persis seperti dibawah ini dan lanjutkan menekan tombol ENTER.

wmic bios get smbiosbiosversion

Versi BIOS Telah Berhasil Muncul

Tulisan yang ditandai pada gambar diatas adalah versi BIOS yang digunakan saat ini. Sebagai contoh pada gambaran diatas, versi BIOS pada komputer Saya adalah 1.22. Dan apabila dengan cara ini versinya masih tidak muncul, silakan coba cara selanjutnya.

Melihat Versi Melalui Panel Informasi Sistem

Sebagai alternatif apabila sekiranya cara diatas tadi tidak berhasil untuk mengecek. Pada cara ini pun masih sama mudahnya, atau bahkan lebih mudah ketimbang diatas. Langsung saja simak tata caranya berikut ini.

  1. Klik tombol WINDOWS+R pada keyboard lalu ketik msinfo32 dan ENTER.

    Mengetik msinfo32 pada Fungsional Run

  2. Pada System Summary kamu bisa melihat versinya pada bagian BIOS Version/Date.

    Versi BIOS Tampil pada Bagian BIOS Version/Date

Kali ini hanya membutuhkan dua langkah saja, dan dari tutorial diatas tadi hasilnya pun sama, yaitu versi BIOS pada komputer Saya adalah 1.22 meski dicek dari panel informasi sistem.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment