≡ Menu

Cara Mengaktifkan Restricted Mode di Youtube

Meski Youtube memiliki banyak konten video hebat, mendidik dan menarik, namun terdapat pula konten dewasa, kekerasan, humor kasar, atau sesuatu yang tidak pantas untuk dilihat oleh anak-anak. Untungnya Youtube menyediakan fitur khusus untuk memfilter video sejenis itu, yaitu Restricted Mode.

Restricted Mode (dulunya Safety Mode) atau dalam versi Youtube Bahasa Indonesia adalah Mode Terbatas, merupakan fitur Youtube yang berguna untuk menyembunyikan video yang mungkin berisi konten tidak pantas yang telah ditandai oleh pengguna.

Youtube sendiri mengatakan bahwa fitur tersebut tidak 100% akurat, akan tetapi dengan mengaktifkan Restricted Mode akan membantu kamu untuk menghindari konten yang paling tidak pantas.

Cara Mengaktifkan Restricted Mode di Youtube

Baca juga: Solusi Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Tutorial Mengaktifkan Restricted Mode atau Mode Terbatas di Youtube

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa fitur Restricted Mode ini hanya akan mempengaruhi di satu browser saja, sehingga di browser lain akan tetap sama kecuali jika diaktifkan juga. Dan walaupun ini bisa membatasi konten tidak pantas, tapi ini masih tidak sepenuhnya sempurna.

Jika kamu mempunyai anak atau adik kecil yang sering meminjam ponsel untuk membuka Youtube. Lebih disarankan untuk mengganti aplikasi Youtube dengan Youtube Kids, karena itu lebih baik daripada mengaktifkan Restricted Mode.

Di artikel ini akan menunjukkan bagaimana cara mengaktifkan Restricted Mode di dua perangkat berbeda, yaitu di Desktop (web browser) dan di ponsel (aplikasi Youtube). Keduanya memiliki cara berbeda dalam mengaktifkannya.

Mengaktifkan Restricted Mode Melalui Desktop

Cara ini dapat dilakukan meski kamu sedang tidak masuk ke akun Google. Dan pastikan bahwa sekarang telah berada di tampilan Youtube yang terbaru. Dan berikut ini tata caranya:

  1. Buka situs web Youtube, dan tekan pada opsi titik tiga dibagian kanan atas.

    Klik Opsi Titik Tiga di Youtube

  2. Klik pada menu Mode Terbatas.

    Memilih menu Mode Terbatas

  3. Sekarang, silakan aktifkan dengan menekan opsi disebelah teks AKTIFKAN MODE TERBATAS.

    Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube

Selesai, sekarang kamu sudah berada di Mode Terbatas dan silakan refresh halaman untuk menyembunyikan video tidak pantas yang sekiranya muncul sekarang ini.

Mengaktifkan Restricted Mode Melalui Aplikasi Youtube di Ponsel

Kebanyakan ponsel Android telah memiliki aplikasi Youtube bawaan sehingga memutar video tidak perlu lagi melalui browser. Dan berikut ini tutorial megaktifkannya di aplikasi Youtube Android:

  1. Buka aplikasi Youtube dan tekan ikon profil dibagian kanan atas.

    Tekan Ikon Profil di Youtube

  2. Lanjutkan memilih menu Setelan.

    Memilih Opsi Setelan

  3. Lalu pilih pada menu Umum.

    Memilih pada Menu Umum

  4. Gulir kebawah dan aktifkan Mode Terbatas.

    Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube Ponsel

Cukup itu saja yang perlu dilakukan, dan segala video yang tak pantas akan disembunyikan secara otomatis mulai sekarang.

Baca juga: Cara Memperlambat dan Mempercepat Video di Youtube

Kesimpulan

Fitur Mode Terbatas ini tak hanya membatasi konten video saja, akan tetapi juga berdasarkan komentar yang ada pada video tersebut. Sehingga kadang komentar yang dilontarkan pengguna Youtube tidak akan ditampilkan.

Fitur tersebut juga dapat dinonaktifkan, dengan begitu segala video yang sebelumnya difilter oleh sistem Youtube akan segera ditampilkan lagi. Dan secara default, fitur ini tidak aktif, berbeda dengan fitur Safe Search di Google yang secara default langsung aktif.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment