≡ Menu

Mengatasi Laptop Mati atau Shutdown pada Mode Sleep

Mode Sleep yang disediakan pada laptop nyaris sama seperti mengunci ponsel smartphone, dimana perangkat tidak benar-benar mati. Mode tersebut sangat berguna apabila kamu ingin meninggalkan laptop sejenak dan menggunakannya kembali nanti.

Untuk menggunakan mode sleep pada laptop sangatlah mudah, yaitu cukup menutup layar laptop saja. Tapi adapun kendala yang biasa dialami pada mode sleep ini, yaitu laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena hal tersebut kebanyakan dikarenakan akibat setelan power saja. Secara umum Windows telah mengaturnya untuk kurang lebih 3 jam. Jadi apabila tidak ada aktivitas apapun selama itu, maka sistem akan langsung membuatnya ke mode hibernate secara otomatis.

Baca juga: Tips Mengatasi PC Macet di Starting Windows

Mengatur Supaya Laptop Tidak Mati Saat Mode Sleep

Satu solusinya adalah mengatur kembali batas waktu hibernasi otomatis tersebut pada Power Management. Cara ini tidaklah beresiko dan sepenuhnya aman untuk diterapkan. Untuk mulai melakukannya, silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Klik ikon baterai pada laptop dan pilih menu Power Options.

    Memilih Menu Power Options

  2. Pada Selected Plan, klik Change Plan Settings.

    Klik Change Plan Settings di Pengaturan Power

  3. Klik lagi pada Change Advanced Power Settings.

    Memilih Opsi Change Advanced Power Settings

  4. Gulir kebawah dan klik dua kali pada Sleep. Lalu klik dua kali lagi pada Hibernate After

    Klik Dua Kali pada Opsi Sleep dan Hibernate After

  5. Sekarang aturlah seberapa lama waktu laptop menghibernasi otomatis dalam hitungan menit. Sebagai contoh 300 untuk 5 jam.

    Mengatur Seberapa Lama Menit untuk Hibernasi Otomatis

  6. Jika sudah selesai mengaturnya, klik tombol OK.

Mulai sekarang apabila laptop pada mode sleep, akan menghibernasi secara otomatis sesuai waktu yang telah kamu atur. Mode hibernasi ini pada dasarnya juga berbeda dengan shutdown karena jika kamu menghidupkan laptop, ini akan mengembalikan program yang sebelumnya kamu buka layaknya pada mode sleep.

Baca juga: Solusi Komputer Tidak Mau Booting dan Black Screen

Apa Bedanya Mode Sleep dengan Mode Hibernate?

Sekilas ini nyaris sama, dimana program apapun yang kamu buka sebelumnya akan kembali muncul ketika laptop dihidupkan. Satu perbedaannya adalah mode hibernasi lebih seperti shutdown, karena laptop harus booting kembali.

Meski mode sleep bekerja pada proses minimal, tapi pada dasarnya mode hibernasi lebih irit dalam penggunaan daya. Jadi bisa dilihat dari sini bahwa mode hibernasi ini masih diperlukan apabila laptop benar-benar tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment