≡ Menu

Bersihkan Folder Kosong di Android dengan Cepat

Ada banyak cara untuk membuat ponsel Android kamu tetap cepat dan anti lemot, salah satunya adalah menghapus berkas sampah. Terkadang kita tidak sadar bahwa terdapat banyak berkas tidak berguna yang ada di ponsel, sebagai contoh yang paling terbanyak adalah adanya folder kosong.

Folder kosong dapat berpengaruh buruk terhadap penyimpanan internal maupun external, karena ini akan membuat proses read dan write menjadi sedikit lambat. Sehingga melakukan perpindahan file dengan ukuran besar bisa berlangsung lebih lama dari biasanya.

Walau sekarang sudah ada aplikasi pembersih sampah, namun itu hanya menghapus file saja dan tidak termasuk folder. Tapi tidak perlu khawatir, karena terdapat pula aplikasi yang khusus dipakai untuk menghapus folder kosong.

Baca juga: Cara Mengubah Ikon Folder di Komputer Windows

Cara Mudah Menghapus Folder Kosong pada Android

Hanya perlu satu ketukan saja dan semua folder kosong dapat terhapus baik di penyimpanan internal maupun external. Dan ini membutuhkan bantuan aplikasi bernama Empty Folder Cleaner. Silakan pasang terlebih dahulu dan kemudian ikuti cara menggunakannya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Empty Folder Cleaner.
  2. Kemudian ketuk pada tombol DELETE EMPTY FOLDERS.

    Menekan Tombol DELETE EMPTY FOLDERS di Aplikasi Empty Folder Cleaner

  3. Selesai, seluruh folder kosong telah berhasil dihapus.

    Proses Menghapus Folder Kosong Telah Selesai dan Berhasil

Hanya perlu tiga langkah saja dan ini sangat mudah untuk dilakukan. Aplikasi tersebut juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan bagusnya lagi adalah tidak ada iklan didalamnya dan sepenuhnya dibuat untuk pengguna Android.

Baca juga: Cara Menampilkan Folder dan File Tersembunyi di HP Android

Solusi Apabila Gagal Menghapus Folder

Adakalanya kamu mendapatkan notif gagal ketika melakukan langkah persis seperti diatas. Hal ini bisa disebabkan karena melakukan scan pada folder ANDROID yang mana itu sebenarnya tidak perlu.

Jadi solusinya adalah masuk ke aplikasi Empty Folder Cleaner dan kemudian menuju menu SETTINGS. Lalu hilangkan centang pada opsi Scan ANDROID created folders. Setelah itu lakukan langkah diatas kembali dan pasti sekarang akan berhasil.

Setelan pada Aplikasi Empty Folder Cleaner

Mungkin sebagian orang masih ragu ingin menggunakan aplikasi Empty Folder Cleaner, tapi sebenarnya ini sepenuhnya aman lho. Karena aplikasi tersebut hanya akan menghapus folder yang benar-benar kosong dan tidak memiliki file apapun didalamnya, sehingga ini takkan berpengaruh pada aplikasi yang terpasang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment