≡ Menu

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Panggilan video atau dalam Bahasa Inggris adalah Video Call (VC) merupakan satu-satunya cara termudah untuk melakukan komunikasi antar muka. Ini hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil supaya komunikasi dapat berjalan lancar tanpa ada macet atau kendala lainnya.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang memberikan fitur video call secara gratis. Sehingga kamu tidak perlu membayar apapun dan cukup menyediakan koneksi internet saja. Fitur panggilan video yang diberikan sangat stabil dan kualitas video dapat diatur secara otomatis berdasarkan kecepatan koneksi.

Tapi, adapun kendala yang kadang terjadi pada fitur video call tersebut. Sehingga pengguna tidak bisa melakukan panggilan video ke teman atau kerabat. Dan ini mengacu pada beberapa faktor, jadi jangan menganggap bahwa ponselnya rusak, tapi silakan lihat beberapa cara pemulihannya dibawah ini mulai dari yang pertama.

Baca juga: Tips Mencegah Pesan WhatsApp Disadap Orang Lain

Seseorang yang Dihubungi Tidak Mengangkat Panggilan (Direject)

Ketahui terlebih dahulu, jika kamu hendak melakukan panggilan video dengan seseorang, tapi dia tidak mengangkat panggilan, tentunya proses panggilan akan langsung berhenti. Ini adalah hal yang sangat normal, dan pada WhatsApp pun juga telah diberikan notif bahwa seseorang yang dihubungi tidak dapat menerima panggilan.

Jadi, apabila seseorang yang kamu hubungi mengatakan tidak ada panggilan apapun, sedangkan pada WhatsApp terdapat notif bahwa panggilan telah ditolak, itu tandanya dia sedang berbohong. Namun jika kamu sendiri masih kurang yakin terkait hal ini, silakan simak ke tips selanjutnya.

Koneksi Internet Sedang Tidak Stabil

Kendala dari koneksi internet juga dapat menyebabkan kamu tidak bisa melakukan panggilan video di WhatsApp. Setidaknya ini membutuhkan kecepatan internet dengan minimal 3 Mbps pada kedua perangkat yang saling ber-komunikasi.

Bahkan untuk kendala ini pun WhatsApp juga menampilkan notifikasi pada layar bahwa kondisi jaringan sedang tidak baik. Untuk itu, silakan perbaiki koneksi internet terlebih dahulu seperti me-restart WiFi atau berpindah dari jaringan seluler (3G atau 4G).

Memperbarui Versi WhatsApp

Pentingnya memperbarui WhatsApp secara rutin guna untuk mendapatkan pengalaman berkomunikasi lebih baik dan tanpa ada masalah. Setiap pembaruan WhatsApp memungkinkan adanya perbaikan, itu merujuk pada segala fitur yang ada didalamnya termasuk pada video call ini.

Apakah versi WhatsApp kamu sudah ter-update? Jika belum, segera perbarui pada Play Store atau Apps Store dan kemudian mencoba melakukan video call lagi, pasti kali ini akan berhasil dan tak ada kendala yang hadir.

Baca juga: 2 Trik Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca

Re-install Aplikasi WhatsApp

Jika sekiranya seluruh tips diatas tidak mengatasi masalahnya dan tetap tak dapat melakukan video call, ada baiknya untuk re-install aplikasi WhatsApp, atau maksudnya adalah mencopot aplikasi dan memasangnya kembali. Ini adalah cara terakhir yang dapat kamu lakukan dan tentunya ini sangat ampuh.

Pastikan bahwa kamu memasang aplikasi WhatsApp melalui Play Store (Android) atau Apps Store (iOS) supaya aplikasi tetap kompatibel dengan ponsel yang digunakan sekarang. Berbeda jika memasang melalui Google, memungkinkan versi WhatsApp yang dipakai tidak cocok untuk ponselnya sehingga terdapat fitur yang bermasalah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment