≡ Menu

Solusi Mengatasi Saldo OVO Grab yang Hilang

Solusi Mengatasi Saldo OVO Grab yang Hilang

OVO merupakan dompet online yang memberikan banyak kelebihan terhadap semua penggunanya. Selain cara transaksi yang terbilang mudah, satu khas yang paling banyak dicari adalah OVO Point, dan itu bisa didapat ketika membeli sesuatu pada merchant rekanan OVO.

Walau OVO memiliki banyak kelebihan, tapi juga terdapat beberapa kekurangan yang membuat seseorang menjadi malas menggunakan OVO lagi. Salah satunya adalah saldo yang hilang secara tiba-tiba. Namun tenang dulu, karena terdapat solusi kok untuk mengatasi masalah tersebut.

Saldo yang hilang memang nyaris tidak pernah terjadi dan mungkin hanya beberapa orang saja yang mengalami kendala ini. Tentu memang menyebalkan apabila kita ingin melakukan transaksi namun terdapat masalah mendadak. Dan pada artikel ini akan diberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: 5 Cara Aman Membeli Barang Secara Online

Penyebab Saldo OVO Hilang

Percayalah bahwa OVO sangat profesional dalam mengelola seluruh saldo pengguna. Dan ada beberapa hal yang membuat saldo bisa hilang sendiri padahal tidak digunakan untuk melakukan transaksi apapun.

Dan sebagai saran, silakan buka terlebih dahulu bagian Riwayat Transaksi. Disana bisa dilihat jelas transaksi apa saja yang pernah dilakukan. Dan jika ternyata tidak ada riwayat apapun yang membuat saldo terkuras, berikut inilah penyebabnya:

  • Kesalahan pada aplikasi.
  • Sedang ada pemeliharaan sistem.
  • Dana Top-Up tidak berhasil masuk (dikembalikan).

Hanya tiga hal diatas yang biasanya mengakibatkan saldo OVO bisa hilang. Tapi tetaplah berfikir positif, sebab saldonya masih bisa didapatkan kembali dengan beberapa cara. Silakan lakukan mulai dari pertama.

1. Memasang Ulang Aplikasi OVO

Siapa sangka masalah yang kamu alami hanyalah sebatas glitch atau malfungsi terhadap aplikasi saja. Sehingga untuk mengatasinya hanya cukup menghapus dan kemudian memasangnya kembali. Memang terlihat konyol, akan tetapi patut untuk dicoba.

Alternatifnya, kamu bisa langsung mencoba untuk mengakses OVO melalui web browser. Data saldo yang ditampilkan disana akan sama akuratnya.

2. Menunggu Beberapa Saat dan Mengecek Saldo Kembali

Terakhir kali sesuatu yang heboh terjadi pada beberapa orang terkait saldo hilang adalah disebabkan karena sedang adanya pemeliharaan sistem. Normalnya, proses ini mencakup waktu beberapa jam saja hingga maksimal adalah 1 hari.

Untuk kendala ini, yang perlu dilakukan hanyalah menunggu sampai sistem kembali UP dan saldo akan diperbaharui.

3. Bisa Jadi Dana Topup Tidak Masuk

Ada kalanya beberapa jam yang lalu kamu melakukan topup dan melihat bahwa saldo OVO telah bertambah. Lalu beberapa jam setelah itu saldo menghilang begitu saja. Nah, dari beberapa kasus yang ada, hal ini disebabkan karena dana tidak benar-benar masuk ke OVO sehingga dana tersebut dikembalikan.

Jadi silakan cek mutasi pada bank yang kamu pakai untuk melakukan top-up, pasti disana terdapat pengembalian dana. Namun jika tidak ada, silakan langsung ikuti cara ke-empat.

Baca juga: Cara Beli Pulsa Menggunakan Bitcoin

4. Menghubungi Layanan Support OVO

Kamu bisa menghubungi layanan support OVO apabila semua cara diatas masih tidak berhasil mengembalikan saldo yang hilang. OVO Sendiri menyediakan beberapa opsi untuk menghubungi mereka, yakni melalui Telepon, WhatsApp, Email, dan Sosial Media.

Silakan masuk ke halaman Hubungi OVO untuk mulai menuliskan keluhan. Atau kamu juga bisa menghubungi via telepon dari nomor yang tertulis di halaman tersebut.

Pihak OVO akan membalas dalam waktu kurang lebih 3-5 hari kerja. Memang lama, akan tetapi mereka selalu membalas pesan. Alternatifnya apabila pesan email tidak kunjung dibalas dalam waktu yang tergolong lama, silakan menghubungi OVO melalui sosial media seperti Twitter dan Facebook.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika saldo OVO hilang secara tiba-tiba. Dan akan lebih baik melakukan dari cara yang paling atas hingga kebawah supaya lebih efektif, karena siapa tahu cara yang lebih mudah justru dapat mengembalikan saldo yang hilang.

Dan sebenarnya ada satu cara lagi, yakni membuat surat terbuka pada situs web Mediakonsumen. Namun itu lebih disarankan apabila kamu tak terbantu sama sekali terhadap layanan support OVO. Banyak dari pengguna OVO terbantu oleh Mediakonsumen terkait masalahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment