≡ Menu

Cara Mengatur Kontras Saturasi Layar di Laptop

Cara Mengatur Kontras Saturasi Layar di Laptop

Apa yang kita lihat pada layar ketika sedang menggunakan laptop atau komputer sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan. Sehingga satu hal kecil saja, misalnya warna yang tidak cocok akan berdampak pada kenyamanan dalam menggunakan perangkat.

Tapi masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara mengatur beberapa hal pada tampilan layar, seperti kecerahan, kontras, dan saturasi. Sehingga kamu dapat mengatur sebaik mungkin dan mendapatkan pandangan yang paling sempurna terhadap warna pada layar.

Apalagi jika perangkat laptop dipakai untuk desain, tentunya ini akan memerlukan warna yang akurat supaya hasilnya memuaskan. Sebab jika misalnya terdapat pengaturan kontras yang terlalu tinggi atau rendah, pastinya ini sudah berpengaruh terhadap hasil warna ketika di print atau dilihat dari perangkat lain.

Baca juga: Cara Mengatur Waktu Tampilan Layar Redup pada Laptop

Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

Windows tidak menyediakan fitur untuk melakukan hal tersebut, akan tetapi grafis driver lah yang menyediakan. Secara default, setelan tampilan pada grafis driver telah diatur sebaik mungkin. Namun kamu masih berhak untuk mengubahnya sesuai yang diharapkan.

Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara mengatur kecerahan, kontras dan juga saturasi khusus untuk laptop dengan prosesor Intel. Silakan lanjut menyimak caranya dibawah ini:

  1. Klik kanan pada desktop. Kemudian pilih menu Graphics Settings atau Graphics Properties.

    Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

  2. Lanjut memilih menu Display.

    Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

  3. Lalu pilih lagi tab Color Settings.

    Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

  4. Dibagian inilah kamu bisa mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi warna layar.

    Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

  5. Setelah selesai mengatur, klik tombol Apply dibawah untuk menerapkan.

    Tutorial Mengatur Kontras Saturasi Layar pada Laptop

Cukup itu saja yang harus kamu lakukan untuk mengatur tampilan warna pada layar laptop. Dan setiap kali kamu mengubah sesuatu pada tampilan, hasilnya bisa dilihat langsung. Sehingga apabila dirasa cocok, kamu bisa menerapkannya saat itu juga.

Baca juga: Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

Bagaimana Cara Mengembalikan Setelan Tampilan Warna Layar?

Tak perlu khawatir apabila kamu melakukan kesalahan dalam mengatur tampilan warna, karena itu masih bisa dikembalikan seperti semula. Yang diperlukan hanyalah mengikuti cara diatas hingga langkah ke-3 dan kemudian cukup menekan tombol Restore To Default untuk mereset setelan.

Cara Mengembalikan Setelan Tampilan Warna Layar

Setelah meresetnya, pastilah tampilan warna akan kembali semula dan kamu bisa mengaturnya lagi apabila itu yang diinginkan. Jadi intinya tidak perlu khawatir salah mengatur, karena sistem sudah memiliki cadangan yang bisa mengembalikan setelan menjadi semula.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment