≡ Menu

Cara Memutar Video Secara Slow Motion di Android

Cara Memutar Video dengan Slow Motion di Android

Ketika memutar sebuah video, kadang terdapat momen yang benar-benar ingin kita ketahui tetapi itu berlangsung sangat cepat, sehingga yang biasa dilakukan adalah mengulangi video tersebut secara terus menerus.

Tapi ada cara lho untuk mengetahuinya tanpa perlu mengulang video lagi, yaitu membuat video tersebut dimainkan dalam slow motion atau gerak lambat. Sehingga kamu bisa tahu seperti apa sebenarnya kejadian pada video secara detil.

Sudah tahu kan apa itu slow motion pada video? Itu merupakan efek untuk melambatkan waktu pada video, dimana 1 detik bisa diperlambat sampai 10 detik atau bahkan lebih, tergantung dari frame yang tersedia di video. Kamu bisa melihat contoh video petir yang telah dikonversi menjadi slow motion pada halaman WikiPedia.

Baca juga: PowerDirector: Aplikasi Video Editor di Android dengan Banyak Fitur

Memutar Video Secara Slow Motion pada Android

Pada ponsel pintar Android, pada dasarnya video player yang disediakan tidak memiliki fitur untuk melakukan hal sejenis ini. Namun itu masih memungkinkan untuk dilakukan memakai bantuan aplikasi lain.

Yaitu MX Player. Itu merupakan aplikasi pemutar video yang memiliki fitur yang terbilang lengkap, bahkan pada aplikasi tersebut juga dapat dipakai untuk melakukan streaming video, dan tak dilupakan adalah mendukung fitur slow motion.

Sebelum mengikuti tutorial dibawah ini, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi MX Player di Play Store.

  1. Buka MX Player dan putar video yang diinginkan.
  2. Setelah itu tekan opsi (titik tiga) dibagian kanan atas.

    Memutar Video dengan Slow Motion pada Android

  3. Lalu pilih menu Mainkan.

    Memutar Video dengan Slow Motion pada Android

  4. Dan lanjutkan memilih menu Kecepatan.

    Memutar Video dengan Slow Motion pada Android

  5. Sekarang kamu bisa mengurangi kecepatan dari 100% ke 50% atau lebih rendah untuk mulai memutar dalam slow motion.

    Memutar Video dengan Slow Motion pada Android

Hanya itu saja, mudah sekali kan? Dan untuk mengembalikannya seperti semula, cukup ubah kecepatannya menjadi 100%. Ketahui juga dengan mengubah kecepatan menjadi lambat, tak hanya akan berpengaruh pada gambar video saja, namun juga pada suara.

Baca juga: Cara Memperlambat dan Mempercepat Video di Youtube

Kesimpulan

Mungkin memang ada aplikasi yang lebih dikhususkan untuk memutar video dalam gerakan lambat atau slow-mo, akan tetapi fitur kecepatan yang diberikan oleh MX Player ini sudah cukup untuk melakukan itu.

Dan bagusnya lagi adalah fitur Kecepatan ini tersedia untuk aplikasi MX Player versi gratis, itulah yang membuat aplikasi pemutar video tersebut memiliki banyak sekali peminat dan tentunya mendapatkan rating tinggi di Play Store.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment