≡ Menu

Cara Mematikan Touchpad pada Laptop dengan Mudah

Cara Mematikan Touchpad pada Laptop dengan Mudah

Touchpad yang berada di laptop bertujuan sebagai pengganti mouse. Sebagian orang telah mampu menggunakan touchpad dengan baik, namun kebanyakan orang masih tidak terlalu nyaman memakainya dan lebih suka memakai mouse untuk penggunaan yang lebih cepat dan maksimal.

Fungsional yang tersedia pada touchpad standar kebanyakan antara lain adalah bisa melakukan kontrol navigasi, klik, dan juga skrolling. Namun butuh tangan yang terbiasa untuk bisa nyaman dan cepat dalam menggunakannya.

Touchpad pada laptop juga dapat dimatikan pada situasi tertentu sesuai yang diinginkan. Contohnya ketika bermain game, karena terkadang jarak touchpad yang agak kekiri pada suatu laptop, sehingga itu bisa tertekan dan membuat karakter pada game menjadi bergerak tanpa disadari.

Baca juga: 5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Cara Mematikan Touchpad Laptop

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mematikan touchpad di laptop. Dan salah satu dari cara ini bisa diterapkan pada segala jenis laptop. Dan dengan mematikan touchpad ini tidak bermaksud secara permanen, sehingga kamu masih bisa mengaktifkannya lagi nantinya.

Sebelum mengikuti tata caranya, ketahuilah bahwa cara yang dibagikan ini sangat aman untuk dilakukan dan tidak beresiko apapun. Jadi tidak usah khawatir untuk melakukannya.

1. Mematikan Touchpad Melalui Tombol

Nyaris di semua laptop memiliki tombol yang berfungsi untuk mematikan touchpad. Hanya saja letak pada tombol tersebut berbeda-beda antara F1 sampai F12. Dari beberapa laptop, tombol untuk mematikan touchpad adalah F9.

Dan untuk mulai mematikannya, cukup menekan tombol FN+F9. Begitupula untuk menghidupkannya, kamu bisa mengulangi menekan tombol tersebut lagi.

Mematikan Touchpad Melalui Tombol

Disini tombol F9 hanya bermaksud sebagai contoh. Jadi silakan temukan tombol antara F1 sampai F12 yang memiliki ikon touchpad, dan itulah tombol untuk mengontrol touchpad pada laptop.

2. Mematikan Touchpad Melalui Control Panel

Jika kamu menginginkan cara praktis, lebih baik gunakan cara pertama yang memakai tombol. Akan tetapi jika ternyata tidak ada tombol dengan ikon touchpad pada laptopnya, silakan pakai cara ini, dimana kamu bisa mengontrol touchpad langsung dari control panel.

Caranya sangat mudah sekali, silakan menuju Control Panel > Hardware and Sound > Mouse. Dan pada bagian ini, klik pada tab Device Setting.

Akan muncul driver touchpad saat ini, silakan sorot dan klik Disable untuk mematikannya.

Mematikan Touchpad Melalui Control Panel

Sementara untuk menghidupkannya kembali, kamu bisa menyorot pada driver touchpad dan kemudian menekan tombol Enable.

Baca juga: Cara Mengatur Waktu Tampilan Layar Redup pada Laptop

Kesimpulan

Cara pertama tergolong lebih efektif dan cepat untuk dilakukan. Sedangkan cara kedua harus melakukan sedikit upaya untuk menonaktifkan touchpad di laptop. Namun dari kedua cara diatas sebenarnya fungsionalnya sama saja, yakni mematikan driver untuk sementara sampai kamu mengaktifkannya lagi nanti.

Bagaimanapun juga, touchpad yang ada di laptop masih berguna untuk berbagai keadaan, salah satunya ketika mouse ketinggalan dirumah. Untuk itu, terbiasa dalam menggunakan touchpad bisa menjadi hal terbaik pada saat-saat seperti itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment