Solusi Tidak Bisa Memutar Lagu di Spotify

Solusi Tidak Bisa Memutar Lagu di Spotify

Spotify adalah pemutar musik lengkap yang dapat digunakan secara gratis. Hampir segala macam lagu yang ada di dunia tersedia disana, karena tiap harinya selalu ada lagu baru yang ditambahkan, baik lagu baru ataupun lawas/lama.

Sejauh ini Spotify memiliki banyak perubahan, baik itu di perangkat komputer maupun ponsel guna untuk membuat pengguna merasa nyaman dalam mendengarkan musik. Tapi terkadang ada kendala yang terjadi di Spotify, dan ini tak hanya merujuk pada satu hal saja.

Contoh kendala yang termasuk parah adalah tidak bisa login di komputer, namun tak banyak yang mengalami masalah tersebut. Dan adapula kendala lain seperti tidak dapat memutar lagu sama sekali. Baik itu tidak tampil gambar, durasi, atau muncul tulisan “can’t play the current song“.

Baca juga: Cara Merekam Internal Audio di Komputer dengan Mudah

Mengatasi Tak Bisa Memutar Lagu di Spotify

Tidak bisa memutar lagu di Spotify dapat terjadi oleh beberapa faktor, dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya. Sebagai saran terbaik, silakan mencoba mulai dari cara yang pertama.

1. Menonaktifkan Hardware Acceleration

Fitur Hardware Acceleration yang ada di Spotify sebenarnya memiliki sisi positif. Akan tetapi sebagian perangkat tak mendukungnya, sehingga yang ada malah banyak kesalahan yang terjadi seperti tak dapat memutar lagu.

Kebanyakan yang mengalami masalah ini akan muncul tulisan/notif “Cant play the current song“. Dan untuk mengatasinya cukup menonaktifkannya pada Setting > Show Advanced Setting > Hardware Acceleration.

2. Daftar Lagu Tidak Muncul? Perbaiki Koneksi

Apakah daftar lagu tampil namun greyed out alias tak bisa diklik? Sangat positif kendala tersebut disebabkan akibat koneksi yang kurang stabil. Silakan cek koneksi atau berganti ke jaringan yang stabil, dan itu akan mengatasi masalahnya.

Sebagai saran jangan menggunakan fitur Proxy yang ada di Spotify, dan nonaktifkan pula jaringan VPN apabila saat ini sedang memakainya. Karena bisa jadi server dari VPN tersebut yang membelokir server Spotify.

3. Masuk Ulang ke Akun Spotify

Terkadang masalah yang terlihat membingungkan dapat diatasi dengan cara yang mudah, salah satunya adalah keluar dari akun Spotify dan kemudian masuk kembali. Dengan keluar dari akun, segala sesi beserta cache yang lama akan terhapus, sehingga ketika masuk ulang akan membuat data sesi dan cache yang baru.

4. Jangan Aktifkan High Quality Streaming (Khusus PRO)

Bagi pengguna berbayar atau PRO akan mendapatkan fitur tambahan berupa High Quality Streaming, berguna untuk mendengarkan lagu dalam kualitas paling tinggi. Tapi disisi lain terdapat kekurangan, karena sebagian perangkat tak dapat memutar lagu dengan alasan kompatibilitas.

Jadi sebagai saran, silakan untuk mematikan fitur tersebut dan mencoba memutar lagu kembali. Dan pasti sekarang lagunya sudah dapat berputar dengan baik.

5. Install Ulang Spotify

Ini merupakan cara terakhir dan paling ampuh apabila seluruh cara diatas masih tak berfungsi. Memungkinkan masalahnya berada pada program atau aplikasi Spotify itu sendiri yang memiliki berkas yang rusak.

Jika pada ponsel cukup uninstall dan pasang kembali. Sedangkan jika pada PC, silakan uninstall dan kemudian tekan tombol WIN+R lalu ketik %APPDATA% dan ENTER. Setelah itu hapus folder bernama Spotify.

Setelah foldernya sudah dihapus, sekarang kamu bisa memulai untuk memasang ulang Spotify, dan tentunya kini masalah sebelumnya akan hilang sepenuhnya.

Baca juga: Cara Menghubungkan Akun Facebook dengan Spotify

Kesimpulan

Beberapa cara diatas pasti dapat mengatasi masalah musik yang tak dapat diputar di Spotify. Dan sekali lagi, lakukan mulai dari cara yang pertama karena itu yang termudah, daripada langsung melakukan yang tersulit namun tak ada hasilnya.

Spotify juga tersedia dalam versi WEB. Jadi silakan coba juga memutar lagu via WEB, kira-kira bisa diputar atau masih sama. Dan apabila sekiranya Spotify versi WEB tak dapat dibuka di browser, sepertinya komputer atau jaringan internet kamu sedang memblokir server Spotify, yang mana itu juga penyebab dari lagu yang tak dapat diputar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *