≡ Menu

Kumpulan Situs Penyedia Domain Gratis

Kumpulan Situs Penyedia Domain Gratis

Kegunaan dari domain adalah memberi alamat terhadap website yang dikelola. Tanpa memiliki domain, website takkan bisa dipublikasi dan tak ada yang dapat melihat isi didalamnya. Biasanya ketika hendak membuat suatu website misalnya blog, akan diberikan subdmain gratis layaknya Blogspot dan WordPress. Tapi bukankah lebih profesional apabila menggunakan domain sendiri? Atau dengan maksud bukan sebuah subdomain.

Seperti yang diketahui bahwa domain yang terkenal populer adalah COM, NET, dan ORG. Tentunya domain tersebut berbayar. Sedangkan kamu bisa lho mendapatkan domain secara gratis selamanya. Saat ini terdapat beberapa website yang menyediakan layanan tersebut.

Artikel ini akan memmbagikan kumpulan situs web yang menyediakan domain gratis. Tak semuanya menawarkan domain, tapi juga berbentuk subdomain. Ini dapat diperpanjang secara cuma-cuma. Dan pastinya kamu memiliki akses penuh untuk mengelola domainnya seperti mengubah DNS, Nameserver, dan lain-lain.

Baca juga: Tutorial Membuat Subdomain Baru di DNSimple

1. Freenom

Sejauh ini Freenom merupakan layanan penyedia domain gratis paling besar di internet. Domain yang disediakan antara lain .TK .ML .GA .CF dan .GQ. Selain itu pengguna bisa melakukan renew tanpa membayar apapun.

Kontrol yang disediakan sudah bisa dibilang cukup, yaitu bisa mengatur DNS, Nameserver, atau sekedar forwarding. Tersedia pula fitur berbayar untuk membeli domain khusus seperti nama dengan 3 karakter atau kurang.

2. BIZ.NF

Situs yang satu ini menyediakan gratis domain bernama .co.nf dan kamu pun bisa langsung mendapatkan gratis hosting sekaligus. Adapun tawaran gratis domain .com apabila membeli produk hosting personal maupun bisnis.

Walau domain .co.nf lebih cenderung seperti subdomain, tapi ini juga menyerupai layaknya domain .co.uk. Hanya berbeda belakang saja. Sangat cocok digunakan dalam pembelajaran dalam membangun website.

3. Freedomain PRO

Hampir sama seperti yang kedua, namun ini memiliki kelebihan tersendiri. Dimana tidak akan iklan sama sekali untuk URL Forwarding dan sepenuhnya gratis 100%. Domain yang diberikan adalah .co.nr dan saat ini sudah terdapat ribuan website yang terdaftar dengan domain tersebut.

Situs Freedomain PRO ini telah berdiri cukup lama dan masih beroperasi dengan baik hingga sekarang. Kekurangannya hanya satu, yaitu kamu tidak dapat mendaftar menggunakan email Outlook (Microsoft) dan lebih diharapkan untuk menggunakan GMail atau lainnya.

4. Free DNS Afraid

Sebenarnya situs yang satu ini tidak menyediakan domain, melainkan subdomain. Sengaja ditambahkan disini karena subdomain yang disediakan sangat banyak mencapai 61 ribu dan semua itu bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Jadi kamu hanya perlu memilih saja nama domain yang cocok dan kemudian langsung membuat subdomainnya. Kontrol yang diberikan juga lumayan banyak, seperti CNAME, A, AAAA, MX, NS, TXT, dan masih banyak lagi.

5. Beli Hosting dan Dapatkan Domain TLD Gratis

Jika kamu benar-benar ingin membuat website yang profesional, tentunya itu harus diawali dengan modal. Tapi modal yang dikeluarkan tidak perlu banyak kok, dan cukup untuk hosting saja. Karena beberapa penyedia server populer di interent biasanya menyediakan domain gratis untuk setiap pembelian.

Berikut ini beberapa website populer yang menyediakan domain gratis untuk setiap pembelian produk hosting mereka:

  • Namecheap
  • Bluehost
  • Ionos
  • Godaddy
  • Hostinger

Sebagai saran, silakan kontak layanan support mereka untuk mengetahui ketentuan dalam mendapatkan domain gratisnya untuk lebih meyakinkan.


Baca juga: Cara Mengisi Saldo Namecheap Menggunakan Bitcoin

Apakah kamu telah menyimpulkan situs mana yang cocok untuk membuat nama domain gratis? Jika boleh memberi saran, akan lebih baik memilih Freenom. Itu karena mereka sangat profesional dalam mengelola domain dan tersedia banyak jenis ekstensi yang dapat dipilih.

Domain gratis lebih cocok digunakan untuk belajar dalam membuat website. Tapi tidak masalah jika ingin menggunakannya untuk bisnis kecil-kecilan semacam warung atau sejenisnya. Jika sekiranya kamu memiliki situs yang menyediakan domain gratis selain diatas, silakan bagikan di komentar apabila berkenan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment