≡ Menu

Cara Mengirim dan Menerima Saldo Monero XMR

Cara Mengirim dan Menerima Monero

Sudah tahukah kamu mengenai Monero? Itu merupakan mata uang virtual layaknya Bitcoin yang memberikan privasi lebih terhadap penerima dan pengirim uang, dimana tak ada seorang pun yang dapat melacak transaksi, atau bahkan melihat berapa nominal transaksi yang dilakukan.

Mencari saldo Monero juga nyaris sama seperti pada Bitcoin, yaitu melakukan mining. Hanya saja berbeda dalam jenis algoritma yang dilakukan. Jika Bitcoin menggunakan algorima SHA-256, sedangkan Monero menggunakan Cryptonight yang mana untuk saat ini masih bisa diterapkan pada CPU.

Bagi seseorang yang masih baru mengenal Monero, mungkin akan sedikit kesusahan untuk menggunakannya. Namun di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan Monero, dari mendaftar hingga mengirim atau menerima uang. Semua itu sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Baca juga: Tutorial Membayar dengan Bitcoin di CoinPayments

Cara Membuat Dompet Monero

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan, yaitu secara online atau offline. Jika ingin membuat secara online, silakan menuju website MyMonero dan tekan tombol Create New Wallet.

Membuat Dompet Monero

Klik tombol “Create new Wallet” untuk mulai membuat dompet.

Membuat Dompet Monero

Akan tampil 25 angka rahasia, silakan simpan angka tersebut untuk memasuki dompet nantinya.

Sementara itu untuk membuat secara offline, silakan menuju halaman Monero Offline Wallet Generator. Setelah halaman terbuka, silakan matikan koneksi internet dan tekan tombol GENERATE WALLET dan salin semua informasi termasuk Mnemonic seed (25 angka rahasia) disana.

Jika dompet Monero telah dibuat, kamu bisa masuk ke website MyMonero untuk mengelola dompet, seperti melihat saldo, dan lain-lain. Atau mengunduh program Monero GUI yang telah disediakan. Tapi jika ingin cara paling mudah, cukup gunakan MyMonero.

Cara Mengirim Saldo Monero

Dua hal yang harus diperhatikan dalam mengirim saldo Monero adalah nominal dan alamat penerima. Dan kamu bisa mengirimkan saldo menggunakan situs MyMonero ataupun program Monero GUI. Tidak disarankan memakai Monero CLI karena ribet.

Sebagai contoh disini akan mengirim saldo menggunakan bantuan website MyMonero, silakan simak caranya dibawah ini:

  1. Buka website MyMonero dan silakan masuk dengan menuliskan 25 angka rahasia.

    Cara Mengirim Saldo Monero

  2. Selanjutnya klik pada ikon Kirim pada bagian kiri.

    Cara Mengirim Saldo Monero

  3. Pada bagian AMOUNT, isikan nominal saldo yang ingin dikirimkan.

    Cara Mengirim Saldo Monero

  4. Dan pada bagian TO, isikan dengan alamat Monero penerima.

    Cara Mengirim Saldo Monero

  5. Lanjutkan menekan tombol Send dibagian atas, dan saldo Monero berhasil dikirim.

    Cara Mengirim Saldo Monero

Sangat penting untuk mengisikan alamat Monero penerima dengan benar. Karena jika sampai salah, maka takkan ada cara untuk mengembalikkan uang tersebut. Akan lebih baik langsung menyalin dan menempel alamat Monero, ketimbang mengetikkan secara manual.

Cara Menerima Saldo Monero

Kamu hanya memerlukan alamat Monero atau yang biasa disebut sebagai Public Address untuk menerima saldo. Biasanya alamat Monero kamu akan tampil ketika memasuki website MyMonero atau di Monero GUI.

Alamat Monero

Sementara itu, ada pula fitur Payment ID yang sering digunakan oleh situs web untuk menerima Monero dengan nominal yang diharapkan. Tapi jika kamu ingin menerima saldo dengan cara paling mudah, cukup gunakan alamat Monero (public address) kamu.

Berapa Lama Proses Menerima dan Mengirim Saldo

Secara umum, ini memerlukan kurang lebihnya 20 konfirmasi sebelum saldo tersebut berhasil dikirim atau diterima. Namun semakin tinggi fee pada transaksi, maka akan semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan konfirmasi sebanyak itu.

Fee untuk miner dapat diatur ketika hendak mengirim saldo. Jika pada MyMonero, itu berada di kolom Priority, yang secara default adalah Low, bisa ditingkatkan sampai High.

Mengapa Saldo Monero Tidak Kunjung Diperbarui?

Bagi pengguna Monero yang baru saja menerima uang, mungkin akan menanyakan hal ini. Dan jawabannya adalah kamu harus menunggu sampai dompet kamu ter-sinkronisasi dengan blockchain height saat ini. Tak perlu khawatir, ini takkan membutuhkan waktu yang lama.

Alternatifnya jika ini terjadi pada situs MyMonero, silakan buka dompet menggunakan Monero GUI menggunakan local node untuk melakukan scan blockchain manual.

Baca juga: Cara Beli Pulsa Menggunakan Bitcoin

Dompet Monero untuk Android

Terdapat aplikasi bernama Monerujo, itu adalah aplikasi dompet Monero paling aman untuk ponsel Android. Cara menggunakannya juga nyaris sama seperti di Monero GUI pada komputer, hanya saja pada Monerujo hanya menggunakan remote node yang dapat diatur.

Keunggulan pada Monerujo adalah bisa langsung menukar saldo Monero menjadi Bitcoin dengan bantuan situs web XMR.TO, jadi kamu bisa melakukannya secara praktis dengan aplikasi Monerujo ini.

Akhir Kata

Sekarang kamu pasti sudah mengerti bagaimana menggunakan Monero dan mengelolanya. Pada situs Coinmarketcap, Monero (XMR) adalah mata uang virtual yang mendapat ranking ke-13. Dan diluar sana juga terdapat banyak situs web yang menerima pembayaran dalam jenis Monero.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara mengirim atau menerima saldo Monero, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment