≡ Menu

5 Tips Ampuh Mengatasi PUBG Mobile Ngelag di Android

5 Tips Ampuh Mengatasi PUBG Mobile Ngelag di Android

PUBG Mobile adalah salah satu dari beberapa game Battle Royale populer yang banyak dimainkan oleh para gamer Indonesia. Terdapat keseruan tersendiri ketika memainkan game tersebut, apalagi jika bermain bersama teman-teman disekitar, pasti itu akan sangat menyenangkan.

Satu misi pada segala game Battle Royale adalah menjadi satu orang atau tim yang bertahan hidup. Tak peduli seberapa banyak musuh yang ditumbangkan, namun jika tidak bisa bertahan hingga menjadi yang terakhir, maka akan terasa sia-sia.

PUBG Mobile yang ada di Android terkenal dengan grafisnya yang sangat luar biasa. Ini nyaris menyerupai pada versi PC apabila setelan grafisnya ditingkatkan maksimal. Inilah yang membuat seseorang bisa betah bermain game PUBG. Karena selain menyenangkan, grafisnya juga memukau.

Dan satu hal yang paling banyak dialami oleh seseorang ketika bermain game PUBG Mobile ini adalah ngelag atau macet saat permainan dimulai. Hal tersebut memiliki beberapa penyebab dan artikel ini akan membagikan beberapa tips mengatasinya.

Baca juga: Tips Menang Bermain Game Battle Royale

1. Mengatur Ulang Grafis dan Frame Rate di PUBG Mobile

Satu-satunya cara yang paling disarankan adalah mengatur ulang grafis beserta frame rate pada game dengan benar. Jangan langsung memaksimalkan setelan, karena sangat jelas itu tidak direkomendasikan, karena berakibat FPS drop akibat spesifikasi ponsel tidak kuat.

Sebagai saran untuk pemilik ponsel spesifikasi menengah, aturlah grafis menjadi HD dan atur juga frame rate menjadi High. Setelan ini tidak akan memaksa sistem ponsel, kecuali jika kamu mengatur frame rate menjadi Ultra atau Extreme, maka bisa-bisa ponsel akan cepat panas.

2. Mengecek Koneksi Internet Sebelum Bermain

Sehubungan ini merupakan game online, pastilah koneksi internet sangat berpengaruh terhadap alur permainan. Jika koneksi tiba-tiba down, pastinya akan berdampak pada kekalahan akibat karakter terdiam dan mudah dibidik oleh musuh.

Untuk itulah mengapa sebaiknya tes koneksi terlebih dahulu sebelum memainkan. Jika koneksi lambat, urungkan bermain memakai jaringan tersebut dan berganti ke jaringan yang lainnya seperti WiFi yang mana kadang lebih stabil.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi Game Booster

Aplikasi Game Booster berguna untuk melepaskan segala macam aplikasi yang saat ini berjalan di latar belakang. Sehingga ponsel nantinya hanya berfokus pada satu game yang dibuka saat ini saja. Secara keseluruhan, ini berguna untuk melegakan RAM bebas.

Jadi dengan memakai aplikasi ini, tak perlu lagi me-restart perangkat hanya untuk menghentikan aplikasi yang berjalan saat ini, sebab Game Booster mampu untuk melakukan itu dengan sangat cepat. Dan cara penggunaannya sangat mudah.

4. Aktifkan Modus Performa

Sebagian ponsel memiliki fitur ini untuk meningkatkan kestabilan ketika bermain game yang berat. Dengan mengaktifkan modus performa tersebut, memungkinkan ponsel akan sedikit boros baterai, akan tetapi hasilnya terhadap game akan memuaskan.

Biasanya fitur Modus Performa terdapat pada Pengaturan > Baterai. Jika menunya tidak tampil pada ponsel kamu, itu berarti modus performa tak tersedia. Atau silakan cari di Google untuk mengaktifkannya, karena barangkali setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda.

5. Memakai PUBG Mobile LITE

Apabila seluruh cara diatas masih tidak berpengaruh pada permainan dan masih saja ngelag, berarti ponselnya masuk dalam spesifikasi kelas rendah. Tapi jangan sedih, karena kamu masih bisa bermain game PUBG Mobile versi LITE.

Ini nyaris sama seperti PUBG Mobile standar, akan tetapi grafisnya diturunkan. Saat ini sudah ada lebih dari 5 juta perangkat yang memasang PUBG Mobile LITE, atau dengan kata lain pemainnya juga tergolong banyak.


Baca juga: Review Game Rules of Survival di PC

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi ngelag atau macet ketika bermain game PUBG Mobile di Android. Dan jangan sampai melewatkan tips yang pertama, sebab setelan grafis yang salah adalah penyebab game itu ngelag akibat FPS drop.

Selebihnya apabila kamu memiliki tips lainnya untuk mengatasi macet saat bermain game PUBG Mobile, silakan bagikan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment