≡ Menu

Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard

Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard

Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini terdapat banyak macam aplikasi keyboard pihak ketiga yang memiliki fitur yang menarik. Sebagai pemilik ponsel Android, kita diberi satu pilihan untuk memilih aplikasi keyboard mana yang cocok dan nyaman untuk terus digunakan.

Walau saat ini memang banyak sekali aplikasi keyboard, namun pada dasarnya Google sendiri pun telah menyediakan keyboard yang tidak kalah bagusnya dengan yang lain. Namanya adalah Google Keyboard atau yang biasa disingkat sebagai Gboard.

Google Keyboard menawarkan papan ketik yang nyaman untuk digunakan, tersedia berbagai pilihan warna dinamis yang dapat dipilih sesuai selera. Dan tidak lupa juga tersedia fitur yang banya, salah satunya adalah kamus.

Baca juga: Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Android

Apa Kegunaan Fitur Kamus di Keyboard Android?

Ini memiliki dua macam kegunaan, yaitu untuk memaksimalkan kinerja auto correct untuk membetulkan kata-kata yang salah saat mengetik, dan dapat digunakan pula untuk sebatas jalan pintas seperti menuliskan alamat email dengan cepat.

Pada Google Keyboard sebenarnya telah disediakan kamus Bahasa Indonesia lengkap yang akan membantu mengetik tanpa ada kesalahan. Tapi kamu juga bisa lho menambah kamus pribadi, dan tata caranya akan dibagikan pada artikel ini.

Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

Pastikan bahwa kamu sekarang menggunakan aplikasi Google Keyboard, sebab untuk aplikasi keyboard yang lain memungkinkan berbeda dari tata cara penggunaanya. Dan silakan simak tutorial menambah kamus pribadi dibawah ini:

  1. Silakan menuju Pengaturan dan tekan menu Bahasa dan Masukan.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

  2. Gulir kebawah dan ketuk tombol opsi disamping kanan menu Gboard.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

  3. Pada setelan Gboard, silakan menuju menu Kamus > Kamus Pribadi > Bahasa Indonesia.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

  4. Ketuk tombol Tambahkan.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

  5. Sekarang kamu bisa mengetik kata apa yang ingin dijadikan kamus. Disini misalnya alamat email, dan pada Pintasan cukup diisikan email.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

  6. Untuk menyimpan, cukup tekan tombol kembali pada ponsel dan kamus yang baru ditambahkan berhasil disimpan.

    Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard Android

Jadi sebagai contoh diatas adalah ketika kamu mengetik kata “email“, maka hasilnya akan memunculkan alamat email yang dijadikan kamus pribadi tadi. Sangat berguna apabila kamu memiliki banyak alamat email atau sebuah kalimat panjang yang ingin dipanggil dengan cara sederhana.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

Bagaimana Jika Sugesti Kata Tidak Tampil pada Gboard?

Tentunya ini tidak akan berguna apabila sugesti tidak ditampilkan oleh Gboard, namun hal tersebut karena kamu tidak mengaktifkan fitur strip saran yang disediakan oleh Gboard.

Untuk mengaktifkannya sangat mudah, silakan ikuti cara diatas sampai langkah ke-2 kemudian pilih menu Koreksi Teks, dilanjutkan dengan mengaktifkan opsi Tampilkan Strip Saran dan juga Saran Kata Berikutnya.

Mengaktifkan Fitur Strip Saran pada Google Keyboard Android

Setelah mengaktifkannya, pasti sekarang kamus pribadi sudah dapat digunakan dan bisa langsung dites mengetik kata pintasan yang tadi telah diatur.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment