≡ Menu

5 Manfaat dari Menggunakan Remote Desktop (RDP)

5 Manfaat dari Menggunakan Remote Desktop (RDP)

RDP atau singkatan dari Remote Desktop Protocol adalah satu cara untuk mengakses komputer lain secara virtual. Biasanya seseorang membuat RDP melalui layanan VPS yang menyediakan virtual machine dalam OS Windows. Namun adapula situs web yang khusus menjual RDP untuk suatu kepentingan tersendiri.

Memiliki RDP pribadi memang menyenangkan, dimana terdapat manfaat atau keuntungan yang didapatkan. Karena saat menggunakan RDP, maka resource pada komputer kita akan tetap aman, sebab disaat itu hanya akan menggunakan resource komputer virtual saja.

Sehingga yang dibutuhkan satu-satunya hanyalah koneksi internet saja. Selebihnya mengenai penggunaan CPU, Memory, dan lain-lain, itu tidak akan berpengaruh pada komputer utama. Dan berikut ini lima manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memiliki atau menggunakan RDP.

Baca juga: Cara Menggunakan Program Remote Desktop Connection Manager

1. Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Bukan RDP namanya kalo tidak memiliki koneksi internet yang cepat. Koneksi internet itu sendiri telah disediakan oleh layanan servernya, sehingga kamu tak perlu khawatir terhadap performa kecepatan, karena pastinya itu diatas 300 Mbps.

Adapun layanan VPS seperti Google Cloud, Azure, atau AWS yang menyediakan koneksi internet dengan rata-rata kecepatan 1 Gbps. Tentunya itu sudah lebih dari cukup untuk menjelajah segala hal di internet.

Dan sebagai saran, pilihlah lokasi server yang paling terdekat, misalnya di Singapura (Asia). Karena jika memilih lokasi server yang terlalu jauh akan memungkinkan menjalankan RDP akan mengalami lag karena PING yang terlalu tinggi.

2. Proses Download dan Upload Cepat

Tak diragukan lagi apabila koneksi internet cepat, tentunya proses download dan upload pun juga cepat. Ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Misalnya akan melakukan migrasi situs web yang memiliki ukuran 2 GB, tentunya dengan dengan bantuan RDP, proses download dan upload cadangan website tersebut akan berlangsung cepat.

Atau contoh lainnya adalah menggunakannya untuk mengunduh berkas di situs file hosting. Dan kemudian mengunggahnya ke penyimpanan cloud. Itu akan berlangsung sangat cepat dengan bantuan RDP ketimbang menggunakan komputer pribadi.

3. Aktif Non Stop 24 Jam

Senang rasanya memiliki komputer yang selalu aktif atau tanpa mati sedikitpun. Memungkinkan kamu bisa menjalankan task jangka lama tanpa takut prosesnya berhenti akibat komputernya mati. Namun pastikan task yang dijalankan tidak membebani server RDP (contohnya mining), karena itu tidak akan ditoleransi oleh penyedia server.

Jadi, kamu bisa menggunakan ini untuk hal-hal yang dirasa membutuhkan waktu lama untuk selesai. Sebagai contoh adalah melakukan encode video. Biasanya itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit apabila ukuran video sangat besar.

4. Menyesuaikan Spesifikasi Komputer yang Diharapkan

Spesifikasi RDP dapat disesuaikan sesuai kebutuhkan. Namun memilih spesifikasi yang tinggi akan menyebabkan kenaikan harga yang signifikan. Tapi jika tentang harga, ini tergantung dari layanan server juga, karena ada pun yang memberikan spesifikasi tiggi dengan harga yang bersahabat.

Sebagian layanan server juga menyediakan GPU sebagai add-ons apabila kamu membutuhkan virtual komputer yang memiliki graphic card. Mungkin tidak banyak yang membutuhkan itu, tapi ini perlu apabila sekiranya kamu ingin menjalankan teknologi semacam cloud gaming.

Baca juga: 3 Aplikasi Remote Desktop Terbaik untuk Android

5. Menjalankan Suatu Program Berat (Tergantung Spesifikasi)

Yang terakhir, kamu dapat menjalankan program berat semacam Adobe Photoshop, Visual Studio, dan lain-lain menggunakan RDP. Namun ini terbatas dari spesifikasi RDP yang kamu miliki. Kurang lebih membutuhkan minimal 4 CPU dan 8GB Memory.

Jika RDP yang dimiliki terdapat GPU yang terpasang, tentunya ini dapat membuka segala jenis program berat sejenis Adobe After Effect tanpa ada kendala sedikitpun. Bahkan untuk bermain game pun juga bisa, tapi ini tidak disarankan.


Menyewa RDP itu ibarat ke warnet, hanya saja kita bisa menjalankan komputer yang disewa dari jarak jauh tanpa keluar rumah lagi. Disini tidak dibagikan situs mana saja yang menyewakan RDP, jadi silakan mencarinya di Google.

Adapun cara untuk mendapatkan RDP gratis, yaitu mendaftar free trial pada suatu layanan VPS seperti AWS, namun kamu harus menginstal secara mandiri. Alias berbeda jika langsung menyewa ke situs web yang menyediakan RDP, akan langsung diberikan alamat Host server beserta kredensial username, password, dan bisa langsung digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment