≡ Menu

Kelebihan Menggunakan Yandex Browser di Android

Kelebihan Menggunakan Yandex Browser di Android

Membahas tentang browser atau peramban, sekarang ini telah tersedia puluhan jenis browser yang dapat dipakai secara gratis untuk perangkat mobile. Semuanya itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Contohnya seperti UC Browser yang meng-unggulkan fitur downloader dan pemutar videonya, Puffin Browser yang meng-unggulkan fitur kecepatan mengakses situs dalam cloud, dan masih banyak lagi jenis browser populer yang patut untuk dicoba sesuai kebutuhan.

Tapi, tahukah kamu mengenai Yandex Browser? Walau peramban yang satu ini terlihat seolah jarang ditemui di media periklanan, tapi pada dasarnya fitur yang tersedia didalamnya sangat banyak dan unik, dan ada yang tak dimiliki oleh browser yang lain.

Yandex Browser hingga sekarang ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali oleh perangkat Android dan terus bertambah. Satu fitur unggulannya adalah keamanan, sehingga sistem dari browser ini akan meng-identifikasi apabila koneksi yang digunakan termasuk tidak aman dan rawan disadap.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ada di Yandex Browser Android:

Tampilan Responsif dan Navigasi yang Mudah

Yandex menyajikan tampilan dan nuansa yang menarik, sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman browsing yang lebih baik dari browser lain. Mengunjungi situs web, berganti tab, atau bahkan menuju pengaturan bisa dilakukan dengan cepat.

Kamu bisa mengganti wallpaper dengan gambar yang kamu sukai, dan untuk navigasi address bar, terletak dibagian bawah untuk memudahkan melakukan beberapa hal dengan satu tangan, khususnya untuk ponsel dengan layar 5 inch keatas.

Baca juga: Cara Sederhana Mendaftar Akun Email di Yandex

Penghemat Kuota dan Baterai

Tak perlu khawatir lagi melakukan browsing dengan Yandex meski kuota menipis, karena terdapat fitur untuk menghemat data/kuota. Nama fitur tersebut adalah Turbo Mode. Setelah mengaktifkannya, setiap halaman yang diakses akan dikompres beserta gambar yang tampil disana.

Jika penghemat kuota sudah terlalu biasa ditemui di browser lain, tapi berbeda dengan penghemat baterai. Berkat fitur Power Saving Mode yang disediakan Yandex, dapat membantu kamu menjelajahi internet tanpa takut baterai cepat habis.

Menghilangkan Iklan Sepenuhnya

Apakah kamu muak ketika membuka suatu web yang berisi banyak iklan didalamnya? Dengan memakai Yandex Browser, seluruh iklan tersebut akan dihilangkan dan tampilan website pun akan tetap rapi.

Pada dasarnya ada dua jenis penghilang iklan yang disediakan di Yandex, yakni Offensive Ad Blocking dan Intrusive Ad Blocking. Kedua opsi tersebut boleh diaktifkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Mendukung Ekstensi Chrome

Sehubungan Yandex Browser merupakan peramban berbasis Chromium, maka segala ekstensi milik Chrome dapat dipasang pada browser ini. Fitur inilah yang tidak banyak dimiliki oleh browser lain, bahkan Google Chrome di Android pun masih belum menerapkannya.

Dengan memasang ekstensi, kamu bisa mendapatkan banyak fitur tambahan layaknya pada komputer. Tapi tak semua ekstensi dapat berfungsi, sebab pada Yandex sendiri fitur untuk memasang ekstensi ini masih dalam keadaan Beta.

Baca juga: Trik Memasang Ekstensi Chrome di Browser Android

Tersedia Mode Penyamaran (Incognito)

Tak kalah dengan browser lainnya, di Yandex juga terdapat mode penyamaran yang akan membantu kamu mengunjungi sebuah website tanpa terdeteksi dan tersimpan pada riwayat browsing. Sehingga setelah keluar dari mode penyamaran, seolah kamu tak pernah mengunjungi situs web yang baru saja diakses.

Satu hal yang tak dapat dilakukan pada mode penyamaran adalah tidak bisa menggunakan ekstensi yang telah terpasang.

Menjamin Keamanan Koneksi WiFi yang Digunakan

Pada dasarnya, nama browser ini adalah Yandex Browser with Protect yang mana meng-unggulkan fitur keamanannya. Jadi fungsionalnya adalah, setiap kali ada jaringan WiFi yang tersambung ke ponselnya, akan dipindai terlebih dahulu oleh sistem sebelum menghubungkan ke internet.

Dengan begitu, sistem dari Yandex Browser dapat memeriksa apakah koneksi tersebut benar-benar aman atau tidak. Dan status keamanan tersebut akan tampil pada layar ponsel.

Mengakses Situs Secara Offline

Fitur ini nyaris sama seperti pada Chrome, dimana browser dapat menyimpan secara otomatis sesi terakhir ketika membuka website tersebut. Namun ini hanya berlaku pada satu halaman per-website.

Jadi misalnya, terakhir kali kamu membuka Facebook, dan keluar dari browser. Lalu suatu saat kamu ingin membuka Yandex Browser tanpa ada koneksi, pasti halaman di Facebook tadi masih dapat dilihat dengan baik. Karena halaman tersebut telah tersimpan sebelumnya.


Itulah keunggulan yang ada di Yandex Browser. Walau tak semua telah dijabarkan diatas, tapi kamu dapat mengetahui seluruh fiturnya setelah mencoba sendiri browser ini. Ukuran dari Yandex Browser kurang lebihnya adalah 30 MB dan membutuhkan Android versi 4.0 keatas. Jika tertarik ingin mencoba, silakan unduh dengan menekan banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment