≡ Menu

Cara Instal dan Uninstal Aplikasi Android Melalui ADB

Cara Instal dan Uninstal Aplikasi Android Melalui ADB

Android Debug Bridge atau yang lebih dikenal dengan singkatan ADB ini merupakan alat atau fungsional yang berguna untuk melakukan banyak hal terhadap komponen Android. Atau sederhananya, ini bisa dikatakan sebagai CLI (Command Line Interface) khusus untuk semua perangkat Android.

ADB dapat digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah melakukan unlock bootloader atau bahkan membuka akses root. Seluruh perintahnya sama, hanya saja metodenya berbeda-beda. Tapi, menggunakan ADB juga bisa lho dipakai untuk menginstal atau mencopot aplikasi.

Walau memasang atau mencopot aplikasi bisa dilakukan sangat mudah langsung dari pengaturan ponsel, tapi melakukan ini melalui ADB ini lebih sering diterapkan pada STB (Indihome) yang mana sistem operasinya adalah Android juga.

Baca juga: Solusi Gagal Install Aplikasi di HP Android

Tutorial Instal Aplikasi Android Melalui ADB

Percaya atau tidak, ini sebenarnya hampir sama seperti memasang aplikasi secara manual tanpa Play Store, dimana kamu harus mengunduh terlebih dahulu file APK di internet dan kemudian dipasang ke ponsel.

Jadi pastikan saat ini kamu sudah mengunduh APK yang akan dipasang, dan kemudian pindahkan file tersebut ke direktori C:\ dan ubah namanya menjadi a.apk. Dan jika sudah, silakan sambungkan terlebih dahulu perangkat dengan USB. Jangan lupa untuk menghidupkan USB Debugging pada pengaturan Opsi Pengembang di ponsel.

Sekarang pada komputer, buka CMD pada direktori ADB, lalu ketik perintah berikut untuk menginstal aplikasi:

adb install C:\a.apk

Tunggu hingga proses loading selesai, dan kemudian aplikasi akan berhasil terpasang.

Namun jika sekiranya gagal, itu berarti ponsel masih tidak terdeteksi pada ADB. Solusinya adalah mengetik perintah adb devices dan pastikan bahwa disana tampil sesuatu, karena jika tidak tampil apapun, maka ponselnya berarti tidak terdeteksi sempurna.

Tutorial Uninstall Aplikasi Android Melalui ADB

Cara ini nyaris sama seperti memasang, hanya saja perbedaanya adalah kamu harus tahu package name dari aplikasi yang ingin untuk dicopot. Tanpa mengetahui itu, tentunya akan mustahil untuk mencopot aplikasi, karena tak akan bisa dilakukan hanya dengan menuliskan nama aplikasi saja.

Untuk mengetahui daftar aplikasi berdasarkan package name di ADB, silakan ketik perintah berikut:

adb shell pm list packages

Carilah aplikasi berdasarkan package name yang akan dicopot, dan jika sudah ketemu, berikut ini perintah untuk mencopot aplikasi:

adb uninstall com.lenovo.anyshare.gps

Diatas adalah contoh mencopot aplikasi ShareIt. Silakan ubah package name-nya sesuai dengan aplikasi yang ingin di-uninstal. Dan proses ini lebih cepat ketimbang memasang aplikasi.

Baca juga: Cara Decompile dan Recompile Aplikasi Android dengan APKTOOL

Kesimpulan

Secara keseluruhan untuk dapat melakukan instal dan uninstal aplikasi adalah ponsel harus tersambung ke PC dan fitur USB Debugging dihidupkan supaya nantinya terdeteksi. Setiap kali pemasangan aplikasi akan ditampilan persentase proses, dan hanya perlu menunggu 100% sampai aplikasi berhasil terpasang sempurna.

Sedangkan proses uninstal aplikasi bisa dikatakan instan, karena tak membutuhkan waktu yang lama dan cukup 5 detik saja setelah menjalankan perintah. Dan apabila ponsel belum diroot, aplikasi sistem takkan bisa dihapus melalui ADB.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment