≡ Menu

Cara Mengubah Nama Bluetooth di HP Android

Semua orang pasti sudah tahu apa itu Bluetooth. Banyak yang menggunakan teknologi tersebut untuk mengirim suatu berkas, namun di zaman modern ini, pemakaian bluetooth sudah berkurang akibat adanya teknologi WiFi yang bisa mengirim berkas 10x lebih cepat.

Walau begitu, Bluetooth masih diperlukan untuk beberapa perangkat, contohnya seperti headset atau speaker. Dan pemakaiannya sangat sederhana, bahkan semua orang yang memiliki ponsel Android dapat mengaplikasikan untuk mengirim atau menerima berkas melalui bluetooth.

Sejak dari dulu, nama bluetooth yang disediakan secara default adalah tipe/jenis ponsel. Dan sebenarnya itu dapat diubah menjadi nama apapun yang diinginkan layaknya SSID WiFi. Jadi mereka yang ingin mengirim berkas, pasti tahu perangkat yang kamu pakai berdasarkan nama yang telah diatur.

Baca juga: Tips Mempercepat Proses Mengirim File di Android ke Ponsel Lain

Bagaimana Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android?

Sebenarnya sangat mudah sekali mengubah nama Bluetooth pada ponsel Android, bahkan ini hampir sama seperti melakukannya pada ponsel lama seperti Java atau Symbian. Namun siapa tahu apabila kamu masih kesulitan untuk melakukannya, untuk itulah artikel ini dibuat.

Berikut ini tata cara mengganti nama Bluetooth pada ponsel Android:

  1. Silakan menuju Pengaturan, lalu ketuk pada menu Bluetooth.

    Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android

  2. Hidupkan Bluetooth terlebih dahulu.

    Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android

  3. Kemudian ketuk pada opsi Nama Telepon.

    Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android

  4. Sekarang silakan ubah nama Bluetooth tersebut sesuai yang diinginkan.

    Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android

  5. Selesai, Nama Bluetooth berhasil diubah.

    Cara Mengubah Nama Bluetooth di Android

Mudah sekali bukan? Mulai sekarang ketika ponsel lain memindai perangkat bluetooth yang aktif, maka nama yang telah kamu atur yang akan muncul. Dan kamu bebas mengubahnya berkali-kali, karena tak ada batasan untuk melakukannya.

Baca juga: 2 Cara Memindahkan Semua Nomor Kontak ke HP Baru

Mengapa Nama Bluetooth Masih Belum Berubah di Ponsel Lain?

Jika nama bluetooth yang tampil pada ponsel lain masih yang lama, itu berarti ponsel kamu pernah ter-pair sebelumnya dan harus di jalinkan ulang supaya namanya berganti. Caranya mudah sekali, cukup hapus nama bluetooth yang ada di ponsel lain tersebut dan jalinkan atau lakukan pair kembali.

Akhir Kata

Itulah cara sederhana untuk mengubah nama bluetooth yang ada di ponsel Android. Secara keseluruhan tata caranya sama untuk semua versi OS Android dan pastinya semua ponsel jenis Android dapat melakukan hal tersebut. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment