≡ Menu

Cara Mengganti Tampilan Warna Grup Facebook

Cara Mengganti Tampilan Warna Grup Facebook

Facebook menyediakan fitur Grup untuk berinteraksi dengan semua anggota yang telah bergabung. Setiap grup selalu memiliki moderator atau admin yang mana dapat melakukan segala hal terkait pengaturan grup dan postingan yang dikirimkan anggota.

Pada awal kali Grup ini diluncurkan, hanya sedikit fitur yang disediakan oleh Facebook. Namun seiring jalannya waktu, terdapat fitur baru dan menarik seperti Stories, grup chat, nonton bareng, dan pergantian tampilan.

Pada dasarnya, moderator hanya diberikan 2 pilihan untuk mengubah tampilan grup. Yaitu mengubah foto profil beserta foto sampul. Namun disisi lain terdapat pula fitur untuk mengubah tampilan warna, namun itu hanya bisa dilihat melalui perangkat seluler saja.

Baca juga: Trik Mengaktifkan Mode Malam di Facebook

Tutorial Mengubah Tampilan Warna Grup Facebook

Para moderator dapat mengubah warna sesuai yang disediakan oleh Facebook. Dan fitur pergantian warna ini hanya tersedia pada satu grup yang diatur saja, alias tidak langsung semua grup yang dimiliki. Dan pastikan bahwa kamu sekarang adalah moderator atau admin dari grup tersebut.

  1. Masuk ke Facebook dan menuju ke Grup yang ingin diganti warnanya.
  2. Klik tombol Lainnya, dan pilih opsi Edit Pengaturan Grup.

    Tutorial Mengubah Tampilan Warna Grup Facebook

  3. Gulir kebawah dan temukan bagian Warna. Klik pada tombol Pilih Warna dan silakan memilih warna apa yang diinginkan.

    Tutorial Mengubah Tampilan Warna Grup Facebook

  4. Setelah memilih, klik tombol Terapkan dan warna grup akan segera berubah.

    Tutorial Mengubah Tampilan Warna Grup Facebook

Ingat sekali lagi bahwa tampilan warna ini hanya berfungsi pada perangkat seluler saja. Kamu bisa melihat hasilnya melalui aplikasi Facebook atau versi Lite di ponsel. Sementara itu, meski tata cara diatas dilakukan melalui desktop, sebenarnya kamu juga bisa mengubah tampilan warna grup langsung dari ponsel. Dan caranya nyaris sama seperti diatas.

Mengapa Warna Grup Masih Belum Berganti?

Jika sekiranya warna grup masih tidak berubah, silakan cek kembali ke pengaturan Grup. Kira-kira disana apakah telah diatur dengan warna yang sesuai. Dan apabila ternyata sudah benar, silakan hapus cache pada aplikasi Facebook yang ada di ponsel.

Dengan menghapus cache tidak akan menghapus data akun dan sepenuhnya aman. Dan untuk melakukannya bisa melalui pengaturan aplikasi atau menggunakan bantuan aplikasi Cache Cleaner.

Jika cache sudah dihapus, pasti tampilan grup kini sudah berubah warnanya.

Baca juga: Cara Menyimpan Gambar Melalui Facebook Lite

Kesimpulan

Fitur untuk mengubah warna hanya bermaksud untuk memberi suatu tampilan yang cocok pada visi dari grup tersebut. Tapi kamu juga bisa menerapkan ini supaya anggota yang bergabung tidak bosan untuk melihat tampilan yang itu-itu saja.

Tak ada batasan dalam mengganti warna grup. Dan untuk sekarang ini hanya tersedia kurang lebih 10 warna cerah yang bisa dipilih. Ini layaknya seperti mengubah warna pada obrolan, hanya saja diterpakan untuk grup. Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment