≡ Menu

Cara Menggunakan Google Authenticator di Android

Otentikasi dua faktor untuk sekarang ini adalah pilihan yang tepat untuk mengamankan sebuah akun. Baik itu akun sosial media, email, atau bahkan dompet online. Jika biasanya otentikasi dua faktor membutuhkan nomor HP untuk mengirimkan kode, sekarang ini tersedia lho alat untuk melakukan itu tanpa perlu nomor HP lagi.

Alat tersebut adalah Google Authenticator. Merupakan aplikasi pengaman yang fungsionalnya mirip dengan otentikasi dua faktor yang memakai nomor HP, tapi perbedaannya adalah lebih mudah dalam menggunakan Google Authenticator dan tanpa ada kendala kode telat masuk.

Jadi yang diperlukan hanyalah melakukan scan barcode menggunakan layar ponsel untuk melakukan verifikasi ketika membuka sebuah akun. Walau semua website masih belum menggunakan Google Authenticator, tapi kebanyakan situs sejenis sosial media, dompet online atau trading sudah menerapkan metode ini untuk mengamankan akun.

Baca juga: Cara Mencari Berdasarkan Gambar di Google

Tutorial Menggunakan Google Authenticator

Sebelum memulai, silakan unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Google Authenticator di Play Store. Jika sudah, silakan ikuti tata cara dibawah ini untuk memulai bagaimana cara menggunakannya.

  1. Silakan buka komputer dan aktifkan fitur Google Authenticator pada suatu website. Nantinya akan diminta untuk scan barcode.

    Tutorial Menggunakan Google Authenticator

  2. Kemudian nyalakan ponsel dan buka aplikasi Google Authenticator, lalu tekan menu Scan a barcode.

    Tutorial Menggunakan Google Authenticator

  3. Sekarang arahkan ponsel ke barcode di website tadi.
  4. Dan setelah itu akan muncul suatu kode di layar ponsel.

    Tutorial Menggunakan Google Authenticator

  5. Tulis kode tersebut pada website.

    Tutorial Menggunakan Google Authenticator

  6. Selesai, otentikasi dua faktor berhasil diaktifkan.

    Tutorial Menggunakan Google Authenticator

Mulai sekarang, ketika kamu membuka akun pada website tadi, akan diminta untuk memasukkan kode yang dihasilkan otomatis pada ponsel kamu. Kode tersebut akan berganti setiap 1 menit sekali, dan apabila kode telah berganti, maka kode sebelumnya dianggap kadaluarsa dan tak bisa digunakan.

Selain dengan melakukan scan barcode, kamu juga bisa langsung menuliskan semacam kode yang disediakan oleh website, jadi cukup menyalin kode tersebut dan menempel pada aplikasi Google Authenticator, dan kemudian kode verifikasi akan tampil.

Baca juga: Cara Mengatasi Diperlukan Autentikasi Ketika Memasang Aplikasi

Kesimpulan

Dengan mengaktifkan Google Authenticator, keamanan pada akun kamu akan semakin ketat, disebabkan sistem selalu meminta untuk menuliskan kode hanya setiap kali memasuki akun atau melakukan perubahan pada akun.

Kamu pun juga bisa menggunakan Google Authenticator untuk mengamankan akun Facebook atau bahkan akun Google itu sendiri. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang tata cara menggunakan Google Authenticator, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment