≡ Menu

5 Program Clipboard Manager Terbaik untuk PC Windows

5 Program Clipboard Manager Terbaik untuk PC Windows

Menyalin dan Menempel di komputer adalah suatu kebiasaan yang tak dapat ditinggalkan. Fitur tersebut selalu memudahkan melakukan sesuatu dengan cepat, seperti memindahkan teks yang panjang ke suatu berkas atau dokumen.

Setiap kali kamu menyalin suatu teks atau gambar, maka secara otomatis itu tersimpan pada sistem CLipboard. Namun pada dasarnya Windows hanya dapat membaca apa yang terakhir kali disalin, sehingga tak dapat menyimpan banyak salinan sekaligus.

Tapi sebenarnya kamu bisa lho menyimpan semua salinan teks yang pernah dilakukan. Yaitu dengan bantuan program Clipboard Manager. Sekarang ini ada banyak sekali program untuk melakukan hal tersebut, dan artikel ini akan membagikan hanya 5 program yang paling terbaik.

1. ClipCube

ClipCube menghadirkan antarmuka yang menarik dan sederhana. Ini adalah program gratis yang memungkinkan kamu untuk menyimpan segala salinan teks yang pernah dilakukan. Bahkan segala salinan yang tersimpan masih dapat untuk disunting.

Gambaran dari Program ClipCube

Fitur yang disediakan terbilang mencukupi untuk sebuah program Clipboard. Namun kekurangannya adalah tidak ada fitur pencarian. Dan jika kamu mencari CLipboard paling mudah untuk digunakan, mungkin ClipCube adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

2. ClipMate

Dengan bantuan ClipMate, kamu bisa menyimpan ribuan salinan teks dengan rapi. Program yang satu ini memiliki banyak fitur dan tentu kamu masih dapat mengedit salinan teks sebelumnya. Tak hanya mengedit, tapi juga bisa menggabungkan dan memerika ejaan.

Gambaran dari Program ClipMate

Satu keunggulan yang menarik adalah dapat membagikan salinan teks ke komputer lain, atau kata lainnya adalah melakukan sinkronisasi.

ClipMate dapat diunduh gratis dan kamu akan mendapatkan versi percobaan selama 30 hari, dan mereka juga menyediakan versi portable.

3. Comfort Clipboard

Comfort Clipboard adalah program yang dapat membuat segala bentuk salinan selalu siap untuk digunakan. Baik itu teks atau gambar, dapat terbaca dan tersimpan otomatis pada program ini.

Gambaran dari Program Comfort CLipboard

Itu karena adanya fitur “autosave“, dimana kamu tak perlu cemas meski komputer tiba-tiba mati dan khawatir terhadap data yang sebelumnya disalin. Karena Comfort Clipboard telah menangkap dan menyimpannya.

Comfort Clipboard menyediakan masa percobaan selama seminggu dan jika kamu merasa puas, itu adalah saat yang tepat untuk membelinya. Secara keseluruhan, fitur yang disediakan Comfort Clipboard terbilang lengkap, sehingga harganya sepadan.

4. Plain Clipboard Manager

Plain CLipboard Manager atau yang biasa disingkat sebagai PCM ini merupakan program CLipboard Manager yang memiliki ukuran paling terkecil dari lainnya. Total dari ukuran program tersebut kurang lebih adalah 500KB.

Gambaran dari Program Plain CLipboard Manager

Walau ukurannya kecil, namun fitur yang tersedia juga mencukupi. Tampilan yang sederhana akan membuat kamu takkan kebingungan untuk mengelola setiap salinan yang tersimpan.

Segala teks atau gambar yang disalin pada suatu website, program ini juga tak lupa menyertakan link sumber website tersebut. Sementara itu segala jenis gambar, baik itu salinan manual atau tangkapan layar akan disimpan dalam format PNG menggunakan kompresi lossless. Ini tidak akan mempengaruhi kualitas gambar dan hanya memperkecil ukuran gambar saja.

Baca juga: Cara Mengetes Tombol Keyboard PC Secara Online

5. SaveMe

Program yang dibuat oleh Aiclipboard ini memiliki tampilan yang nyaman untuk terus digunakan. Tak hanya salinan teks saja yang bisa tersimpan, melainkan gambar, file, dan folder juga dapat terdeteksi pada SaveMe, dan kamu bebas untuk mengelolanya.

Gambaran dari Program SaveMe

Program ini sepenuhnya portable dan tersedia gratis untuk komputer Windows 32-bit maupun 64-bit.


Jadi, apakah kamu sudah memutuksn ingin menggunakan program Clipboard Manager yang mana? Semua daftar diatas adalah yang terbaik saat ini karena fitur yang banyak dan juga mudah untuk digunakan.

Menggunakan program Clipboard Manager sangatlah aman dan sangat cocok bagi kamu yang sering menyalin sesuatu di Google untuk mengerjakan tugas. Jika kamu memiliki rekomendasi program Clipboard Manager lain yang sekiranya lebih baik, silakan untuk membagikannya di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment