≡ Menu

5 Plugin untuk Mendeteksi Ancaman Berbahaya pada Website

Terdapat jutaan website yang saat ini menggunakan WordPress dan terus bertambah setiap harinya. WordPress sendiri adalah CMS yang populer untuk membuat situs web dengan mudah. Tak hanya membuat blog saja, namun bisa juga membuat toko online, dan lain-lain.

Setiap tahun selalu ada pembaruan yang diterapkan pada WordPress, itu termasuk penambahan fitur baru dan juga keamanan. Walau pada dasarnya situs berbasis WordPress sangat aman, tetapi tak semuanya bisa dibilang aman, karena kadang suatu situs juga memiliki celah.

Celah yang terdapat pada situs web berpotensi digunakan sebagai jalan masuk oleh para peretas. Sehingga jika itu terjadi, maka website tidak lagi berada di tangan yang aman. Akan tetapi ada cara lho untuk mendeteksi adanya celah tersebut sebelum para peretas mengetahuinya.

Yaitu menggunakan bantuan plugin keamanan tambahan. Dengan begitu, pemilik situs web tak perlu cemas lagi terhadap keamanan website. Karena setiap kali terdapat ancaman berbahaya yang masuk ke situs, maka plugin itu akan segera memberitahu dan memblokir akses celah yang ditemukan.

Berikut ini 5 plugin keamanan terbaik untuk mendeteksi ancaman berbahaya pada website berbasis WordPress:

1. Sucuri

Sucuri adalah plugin keamanan WordPress yang memiliki reputasi tinggi. Plugin ini dapat memberitahukan segala macam aktivitas yang mencurigakan pada website dan memberitahukan langsung melalui email.

Tak hanya pemindaian celah saja yang disediakan, namun pemilik website juga bisa melakukan “remote malware scanning” untuk mengetahui adanya kode berbahaya yang terselip pada situsnya. Sucuri juga menawarkan add-on firewall yang kuat dan dapat dibeli untuk memperketat keamanan website.

Gambaran dari plugin Sucuri Security

2. Anti-Malware

Sekilas terlihat bahwa plugin ini adalah semacam antivirus untuk komputer, dimana Anti-Malware juga dapat melakukan serangkaian pemindaian dan memiliki fitur untuk meng-karantina berkas yang berpotensi berbahaya atau ber-unsur ancaman.

Beberapa fitur penting adalah pemindaian lengkap, cepat, atau disesuaikan. Pemilik website akan diberikan pemberitahuan setiap kali plugin ini mendeteksi berkas berbahaya. Dan berkas tersebut akan secara otomatis dimasukkan ke tempat karantina untuk di-tinjau secara manual.

Gambaran dari plugin Anti-Malware

Baca juga: 4 Cara Atasi Tak Bisa Menambah Plugin di WordPress

3. Wordfence

Sama populernya seperti Sucuri, dimana plugin ini berfungsi untuk memperketat keamanan situs web sampai-sampai dapat memblokir jalur akses terhadap robot. Wordfence menawarkan perlindungan real-time, dan menyediakan fitur otentikasi dua faktor.

Layanan Wordfence sebenarnya gratis, namun jika kamu puas terhadap fungsionalnya dan ingin menambah keamanan lebih kuat lagi, tersedia fitur lanjutan yang akan aktif setelah membeli versi berbayar.

Gambaran dari plugin Wordfence

4. Theme Authenticity Checker

Theme Authenticity Checker atau biasa disingkat sebagai TAC adalah plugin untuk memindai seluruh tema atau template WordPress yang terpasang saat ini. Plugin ini dapat mendeteksi adanya kode yang ter-enkripsi pada tema yang dirasa berbahaya.

Dan jika terdapat tema yang terdeteksi memiliki celah, maka pemilik website akan dialihkan menuju kode yang dianggap berbahaya tersebut untuk ditinjau ulang secara manual.

Gambaran dari plugin Theme Authenticity Checker

5. Quttera Web Malware Scanner

Quttera menyediakan fitur pemindaian cerdas terhadap adanya injeksi kode dan beberapa jenis malware berbahaya. Plugin ini memiliki tehnologi pendeteksi yang unik dan dianggap berbeda dari plugin keamanan lainnya.

Tak hanya pemindaian file saja, namun Quttera juga akan memindai link external yang ada di suatu artikel atau halaman. Plugin ini gratis untuk digunakan dan juga tersedia layanan berbayar dengan harga yang terjangkau.

Gambaran dari plugin Quttera Web Malware Scanner

Itulah lima plugin keamanan terbaik untuk website berbasis WordPress. Sebagai saran, cukup gunakan salah satu dari daftar diatas yang dirasa paling memuaskan. Jangan memakai plugin keamanan ganda (lebih dari satu), karena akan menyebabkan konflik dan membuat server terbebani.

Baca juga: Plugin untuk Memberi Efek Zoom pada Gambar di WordPress

Setiap plugin diatas memiliki kelebihan tersendiri dan proses pemindaian ancaman yang bervariasi. Sebagian memiliki fitur berbayar yang akan membuka fitur lanjutan, tapi sebenarnya versi gratis pun sudah cukup untuk mengamankan situs web dengan baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment