≡ Menu

Cara Menonaktifkan Recycle Bin pada PC

Cara Menonaktifkan Recycle Bin pada PC

Recycle Bin yang terdapat pada komputer Windows, berfungsi sebagai pengelola berkas yang terhapus. Jadi apapun yang baru saja dihapus pada komputer akan secara otomatis masuk ke folder Recycle Bin dan pengguna masih bisa membatalkan proses penghapusan tersebut dan mengembalikan berkas yang dipilih.

Pada dasarnya sistem yang berada di Recycle Bin akan menghapus berkas secara otomatis 30 hari setelah berkas ditambahkan disana. Sehingga selama 30 hari tersebut, pemilik komputer masih diberi kesempatan untuk mengelola seluruh berkas yang dihapus sebelumnya.

Memang benar bahwa berkas yang telah berada di Recycle Bin masih belum terhapus sepenuhnya, sehingga meski berkas sudah berada disana, tidak akan merubah kapasitas memori. Kecuali jika berkas pada Recycle Bin telah dihapus secara permanen, atau mematikan fungsional Recycle Bin pada Windows.

Baca juga: Cara Menambah Kapasitas Recycle Bin pada PC

Apakah Bisa Mematikan Fitur Recycle Bin di Windows?

Pengguna bisa melakukan hal tersebut, akan tetapi sebaiknya pikirkan dua kali sebelum melakukannya. Karena berkas yang terhapus nantinya takkan bisa dikelola lagi, sehingga tak ada opsi untuk mengembalikkan apa yang baru saja dilakukan terhadap berkas yang terhapus itu.

Katakanlah bahwa manusia tidak sepenunya sempurna, dan jari terkadang bisa saja melakukan sesuatu yang diluar batas seperti tidak sengaja menghapus berkas penting. Itu tidak masalah jika masih masuk Recycle Bin, namun jika berkas tersebut hilang untuk selamanya, tentu akan kebingungan sendiri menyalahkan siapa.

Jadi sekali lagi, pikirkan terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

Tutorial Menonaktifkan Recycle Bin pada Komputer

Cara ini dapat diterapkan pada keseluruhan komputer Windows dan sangat mudah sekali untuk dilakukan. Selain itu, fitur untuk menonaktifkan ini juga sudah disediakan oleh Windows sendiri, sehingga segalanya akan aman dan tak beresiko terhadap sistem. Silakan simak tata cara mematikan Recycle Bin dibawah ini.

  1. Klik kanan pada folder Recycle Bin, pilih menu Properties.

    Tutorial Menonaktifkan Recycle Bin pada Komputer

  2. Pada bagian “Settings for selected location“, pilih opsi Don’t move files to Recycle Bin. Remove file immediatly when deleted.

    Tutorial Menonaktifkan Recycle Bin pada Komputer

  3. Terakhir, klik tombol OK dan selesai.

    Tutorial Menonaktifkan Recycle Bin pada Komputer

Setelah melakukan cara diatas, cobalah hapus suatu berkas, pasti nantinya berkas tersebut akan otomatis terhapus permanen tanpa masuk ke Recycle Bin lagi. Namun jika masih tetap masuk ke Recycle Bin, silakan coba lakukan kembali cara diatas, mungkin ada langkah yang terlewati.

Baca juga: Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di PC

Kesimpulan

Fitur untuk menghapus berkas secara permanen tanpa perlu memasuki Recycle Bin telah tersedia pada sistem Windows, sehingga tak perlu lagi mengakali sistem untuk melakukannya. Dan sekali file terhapus, maka takkan ada cara untuk mengembalikannya lagi.

Pikirkan sekali lagi untuk melakukan hal ini, sebab Windows pun juga memiliki fitur untuk membatasi kapasitas yang tersimpan pada Recycle Bin. Sehingga kiranya folder Recycle Bin telah penuh, maka pengguna akan diberikan dialog perizinan untuk menghapus berkas secara permanen.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment