≡ Menu

Cara Menambah Tombol Navigasi di Android

Cara Menambah Tombol Navigasi di Android

Pasti sudah tahu kan apa itu tombol Navigasi yang ada di Android? Merupakan sebuah tombol yang berada dibagian bawah ponsel dan memiliki 3 kegunaan, yaitu kembali, menuju homepage, dan melihat task. Letak dari ketiga tombol tersebut sangat bervariasi dan tergantung dari setelan sistem.

Jika kamu pernah menggunakan tablet, pasti dibagian bawah selalu ada tombol Navigasi yang tampil di layar. Nah sebenarnya tombol tersebut juga bisa lho ditambahkan pada ponsel. Ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki ponsel yang mana tombol navigasinya tidak bekerja atau rusak.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menambah tombol navigasi. Yaitu menggunakan bantuan aplikasi, atau menambah secara manual dengan menyunting file sistem. Cukup pilih mana saja yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan.

Baca juga: 3 Trik Menghidupkan Ponsel Android Tanpa Tombol Power

Menggunakan Aplikasi Navigation Bar

Cukup memasang aplikasi bernama Navigation Bar, dan ponsel kamu akan kembali memiliki tombol navigasi pada layar. Terdapat beberapa keunggulan dalam menggunakan aplikasi ini yang mana sangat berbeda dengan tombol navigasi biasanya.

Kamu bisa mengatur tampilan serta warna tombol sesuka hati, dan bagian terbaiknya adalah banyak fitur yang bisa dikelola seperti menambah perintah untuk mengaktifkan WiFi, membuka kamera, dan lain-lain. Secara keseluruhan fungsional dari tombolnya masih sama (back, home, dan recent app).

Gambaran dari Aplikasi Navigation Bar di Android

Ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 3 MB saja, tentunya dengan ukuran sekecil itu takkan memberatkan sistem ponsel. Dan sejauh ini hanya inilah aplikasi navigasi tambahan terbaik yang ada di Play Store.

Menmabah Tombol Navigasi Secara Manual

Pada dasarnya setiap OS Android telah memiliki fitur navigasi pada layar, hanya saja fitur tersebut dinonaktifkan secara default. Tetapikamu masih bisa mengaktifkannya kembali, hanya saja ponselnya harus dalam keadaan ROOTED.

Jika sekiranya ponselnya sudah berstatus ROOTED, silakan unduh aplikasi file manager seperti Root Explorer atau X-Plore, kemudian menuju direktori /root/system dan edit file bernama build.prop lalu tambahkan kode dibawah ini pada baris paling akhir:

qemu.hw.mainkeys=0
Menyunting File Build.Prop di Android

Setelah menambahkan kode diatas di baris paling akhir, silakan simpan filenya dan kemudian restart ponselnya. Ketika ponsel sudah direstart, maka tombol navigasi akan muncul layaknya pada tablet.

Baca juga: Cara Menjadikan Tombol Volume Sebagai Tombol Power di Android

Kesimpulan

Dari kedua diatas, pasti kamu sudah tahu mana yang paling mudah untuk dilakukan. Yaitu menggunakan bantuan aplikasi. Sementara jika cara kedua terbilang sedikit ribet dan selain itu kamu juga harus hati-hati dalam menyunting file build prop, karena salah sedikit akan menyebabakan sistem galat.

Sebenarnya ada lagi cara lain, yang mana memiliki kemampuan yang lebih baik. Tapi itu membutuhkan ponsel berstatus ROOTED dan X-Posed Framework yang terinstal. Namun dikarenakan itu sedikit sukar untuk mengoperasikannya, jadi tata caranya tidak ditambahkan di artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment