≡ Menu

Cara Membuat File ZIP pada Komputer

Jika kamu sering mengunduh suatu file di internet, pastilah tidak akan heran dengan adanya file dengan format ZIP. Biasanya ketika dibuka, didalamnya terdapat banyak file lagi. Itu karena file ZIP tersebut memiliki fungsional untuk mengarsipkan banyak file menjadi satu.

Tak peduli berapa banyak file yang ada, itu bisa dijadikan hanya satu file saja sebagai format ZIP. Dan untuk membuatnya pun sebenarnya tidak terlalu sulit, karena pengguna terbantu dengan program.

Nama program populer yang biasa digunakan adalah Winrar. Faktanya, nyaris kebanyakan komputer telah memiliki program tersebut karena sangat penting untuk pekerjaannya. Tapi ada pula yang masih tak memilikinya karena tidak membutuhkannya.

Baca juga: 2 Cara Membuat Pencarian File Lebih Cepat di Windows

Bagaimana Cara Membuat File ZIP?

Windows sendiri telah mendukung fitur untuk membaca file ZIP, akan tetapi tak memiliki fitur untuk membuat file ZIP. Itulah kenapa program Winrar ini menjadi penting. Selain itu, untuk melakukannya juga bisa dengan cepat.

Walau nama programnya WinRar yang mana seolah berfokus pada file RAR, namun didalamnya kamu juga bisa membuat file ZIP dengan berbagai opsi yang disediakannya. Berikut ini tata cara membuat file ZIP pada komputer dengan bantuan Winrar.

  1. Download dan instal terlebih dahulu program Winrar.
  2. Buka Windows Explorer dan seleksi file/folder mana saja yang akan dijadikan ZIP.

    Cara Membuat File ZIP

  3. Jika sudah, silakan klik kanan dan pilih menu Add to Archive.

    Cara Membuat File ZIP

  4. Selanjutnya pada Archive Format, ubah menjadi ZIP. Dan pada Archive Name, ubah nama file sesuai yang diinginkan.

    Cara Membuat File ZIP

  5. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu proses pembuatan file ZIP selesai.

    Cara Membuat File ZIP

Sederhana sekali bukan? Kamu juga bisa menambah kata sandi pada file ZIP tersebut dengan menekan tombol Set Password dan kemudian isikan sandi yang diinginkan. Sehingga jika ada yang ingin membuka file ZIP tersebut, akan diminta untuk menuliskan sandi yang telah diatur tadi.

Baca juga: Cara Meng-Extract File ZIP dan RAR pada Android

Akhir Kata

Hanya itu saja sedkit cara untuk membuat file ZIP. Mohon diketahui bahwa tutorial diatas adalah langkah yang paling sederhana untuk membuat file ZIP.

Namun dilain sisi, kamu juga bisa membuatnya lebih baik lagi dengan mengatur bagian Compression Method, Buffer, dan lain-lain. Tetapi apabila tak memahami kegunaan dari beberapa fitur tersebut, sebaiknya biarkan menjadi default atau dengan maksud tak perlu mengubahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment