≡ Menu

2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android

2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android

Bagi seseorang yang sering mengoperasikan komputer pasti sudah mengerti apa itu Safe Mode. Kegunaanya adalah untuk memperbaiki sistem tanpa terkendala dengan program yang telah terinstal. Tapi hal menariknya adalah fitur Safe Mode juga tersedia untuk perangkat Android.

Safe Mode atau Mode Aman yang tersedia di Android nyaris memiliki fungsional yang sama seperti di komputer. Namun fitur yang tersedia di Android terbilang terbatas, yang mana ketika ponsel berada di Safe Mode, seluruh aplikasi yang pernah diunduh tidak akan tersedia untuk sementara.

Ini sangat cocok dilakukan untuk testing performa ponsel, misalnya menggunakan Antutu Benchmark untuk mengetahui kemampuan ponsel sebenarnya tanpa terganggu terhadap aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

Baca juga: Cara Mengetahui Adanya Aplikasi Mata-Mata di Android

Tutorial Masuk ke Safe Mode di Android

Kemungkinan besar OS Android yang mendukung fitur Safe Mode dimulai dari Lollipop keatas, dan beberapa ponsel kadang memiliki cara yang berbeda-beda. Bisa melalui tombol khusus atau langsung melakukan restart ponsel ke safe mode.

Artikel ini akan menunjukkan 2 cara untuk masuk ke safe mode. Kedua cara tersebut tak memiliki resiko apapun untuk dilakukan, dan ini bisa diterapkan untuk ponsel yang belum diroot.

1. Melalui Fitur Restart ke Safe Mode

Cara pertama ini tergolong yang paling mudah, dimana ponsel akan melakukan restart seperti biasa, hanya saja dengan cara yang sedikit berbeda. Langsung saja simak caranya dibawah ini:

  1. Disaat keadaan ponsel hidup, tahan pada tombol power.
  2. Kemudian tekan sedikit lama tombol Power Off yang tampil pada layar.
  3. Lalu akan muncul notifikasi untuk me-restart ke safe mode. Silakan tekan Ok untuk melanjutkan.

Setelah proses restart selesai, maka sekarang ponsel kamu sudah berada di safe mode. Namun apabila cara diatas tidak berhasil, silakan ikuti cara yang kedua.

2. Menggunakan Tombol Khusus

Cara ini justru hampir sama seperti masuk ke recovery atau fastboot. Kebanyakan ponsel memiliki cara yang sama, silakan simak caranya dibawah ini:

  1. Matikan terlebih dahulu ponselnya.
  2. Dalam keadaan ponsel mati, silakan tahan tombol power dan dilanjutkan dengan menekan tombol volume atas dan bawah.
  3. Ketika logo ponsel tampil pada layar, lepaskan tombol powernya, namun jangan lepaskan tombol volume atas dan bawah sampai ponsel berhasil booting.

Selesai, ketika ponsel booting dengan sempurna, berarti ponsel sudah berada di safe mode.

Jika di ponsel kamu masih tidak bekerja, cobalah untuk menekan tombol power terlebih dahulu sampai layar tampil, kemudian lepas tombol powernya, dan dilanjutkan menekan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan.

Cara Mengetahui Ponsel Berada di Safe Mode

Ketika ponsel berada di safe mode, seluruh aplikasi yang terinstal akan ditiadakan secara sementara. Dan di pojok layar akan tampil tulisan overlay “mode aman“. Berikut ini beberapa contoh gambaran ketika berada di safe mode.

Homescreen Android pada safe mode

Homescreen Android pada safe mode

Aplikasi yang terpasang ditiadakan sementara

Aplikasi yang terpasang ditiadakan sementara

Baca juga: 2 Cara Masuk ke Recovery atau Fastboot Tanpa Menekan Tombol

Cara Keluar dari Safe Mode di Android

Untuk keluar dari safe mode, yang harus dilakukan hanyalah melakukan restart ponsel seperti biasanya. Setelah berhasil di-restart, itu tandanya ponsel sudah keluar dari safe mode. Dan tulisan mode aman yang ada di pojok tadi akan menghilang.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin kamu memiliki cara lain untuk masuk safe mode di Android, silakan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment