≡ Menu

Cara Menjalankan Program Otomatis pada Startup di Windows

Terkadang suatu program telah dilengkapi fungsi untuk dapat mengaturnya berjalan otomatis ketika komputer baru dinyalakan (startup). Tapi apakah hal semacam itu bisa diterapkan pada semua program? Dan jawabannya adalah bisa.

Windows memiliki fitur sederhana yang berfungsi untuk menjalankan program secara otomatis disaat komputer sehabis di-restart atau baru dinyalakan. Ini sangat cocok bagi kamu yang tidak mau repot-repot membuka beberapa program lagi ketika komputer baru dihidupkan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tapi artikel ini hanya akan memberikan tutorial yang paling sederhana dari semua itu. Tak perlu menyunting bagian sistem, karena tutorial ini hanya sekedar menyalin shortcut saja.

Baca juga: Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

Tutorial Menjalankan Program Secara Otomatis pada Startup

Tak hanya program saja yang bisa dijalankan secara otomatis, bahkan file batch atau lain-lain juga bisa. Dan cara ini 100% aman untuk dilakukan tanpa ada resiko apapun. Program yang telah ditambahkan pada daftar startup juga dapat dihapus nantinya.

Berikut ini tutorial untuk menjalankan suatu program secara otomatis ketika komputer dihidupkan:

  1. Salin shortcut dari program yang diinginkan.

    Tutorial Menjalankan Program Secara Otomatis pada Startup

  2. Buka Windows Explorer dan menuju direktori berikut:

    C:\Users\NAMA PC\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

    ** Harap ganti “NAMA PC” sesuai nama komputer kamu.

  3. Kemudian tempel shortcut yang disalin tadi pada direktori tersebut.

    Tutorial Menjalankan Program Secara Otomatis pada Startup

  4. Sekarang cobalah restart komputernya dan lihat hasilnya.

Setelah komputer di-restart, program yang ditambahkan tadi akan secara otomatis berjalan. Biasanya akan membutuhkan waktu setidaknya beberapa detik setelah Windows menampilkan desktop dan kemudian program akan dijalankan.

Sebenarnya tak hanya shortcut saja yang bisa ditambahkan, tapi berkas dengan format apapun juga bisa. Selama berada pada direktori Startup, seluruh berkas yang ada disana akan berjalan secara otomatis.

Mengapa Direktori Tidak Ditemukan?

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengenai hal ini, dan itu adalah normal. Karena secara default Windows tidak menampilkan folder tersembunyi, dan sedangkan folder bernama AppData adalah tersembunyi.

Solusinya adalah membuat komputer dapat membaca folder tersembunyi, dan itu sudah dijelaskan pada artikel dengan judul Cara Mengetahui File yang Tersembunyi pada Windows.

Setelah komputer bisa membaca folder tersembunyi, maka folder bernama AppData tadi akan segera tampil.

Kesimpulan

Walau seluruh jenis berkas dapat dijalankan secara otomatis hanya dengan memindahkan shortcut ke direktori Startup, namun ada batasan dalam menggunakan fitur ini. Yaitu tidak bisa memulai otomatis program yang membutuhkan perizinan administrator ketika akan dijalankan.

Jadi program yang menampilkan dialog perizinan administrator ketika dibuka, tidak akan bisa dimulai secara otomatis mengguanakan metode di artikel ini. Tapi itu masih bisa dijalankan secara otomatis menggunakan Task Scheduler.

Sebagai saran, jangan menambah terlalu banyak program untuk dijalankan secara otomatis, sebab itu akan berpengaruh terhadap performa komputer yang menjadi lambat akibat terlalu banyak program yang terbuka di waktu yang sama. Jadi sebagai saran, tambahkan maksimal 3 program saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment