≡ Menu

Menjalankan Perintah di Beberapa Server Linux Secara Bersamaan

Menjalankan Perintah di Beberapa Server Linux Secara Bersamaan

Apakah saat ini kamu sedang mengelola banyak server linux? Tentu akan sangat melelahkan apabila melakukan segalanya satu-per-satu. Tapi pernahkah kamu memikirkan untuk menjalankan perintah ke banyak server linux secara bersamaan? Pastinya ini akan menghemat waktu dan dapat melakukan pekerjaan lebih cepat daripada sebelumnya.

Yaitu menggunakan bantuan dari program PSSH (Parallel SSH). Itu merupakan alat berbasis python yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah di banyak server linux dengan cara yang cepat. Namun di lain sisi, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan alat tersebut.

PSSH juga dapat menjalankan banyak perintah sekaligus kemudian dikirimkan ke semua server linux yang telah ada di daftar. Kekurangannya hanyalah satu, yaitu semua server harus memiliki username dan password yang sama supaya dapat mengeksekusi perintah secara bersamaan.

Baca juga: Cara Extract File TAR di Linux Hosting Melalui Shell Command

Cara Menginstal PSSH di Linux

Untuk menginstal PSSH tidaklah sulit, yang diperlukan pertama kali adalah python-pip, berikut ini perintahnya:

Ubuntu & Debian

sudo apt install python-pip

CentOS & Fedora

sudo yum install python-pip

Jika python-pip telah terpasang, lanjutkan untuk menginstal PSSH menggunakan perintah berikut:

pip install pssh

Dan untuk mengetahui apakah PSSH telah terpasang, silakan ketik pssh --help dan disana akan ditampilkan keseluruhan perintah yang dapat digunakan pada PSSH.

Cara Menggunakan PSSH

Pertama-tama, buat file dengan format TXT (misalnya host.txt) dan isikan file tersebut dengan IP:PORT satu per baris, misalnya begini:

192.168.0.1:22
192.168.0.2:22
192.168.0.3:22

Kemudian untuk menjalankan PSSH, berikut ini perintahnya:

pssh -h host.txt -l USERNAME -A echo "Testing"

Harap untuk mengganti username sesuai pada servernya. Dan ketika menjalankan perintah diatas, secara otomatis akan diminta untuk menuliskan password dan kemudian akan muncul hasilnya.

Contoh perintah diatas hanya akan menampilkan tulisan Testing pada setiap daftar server. Jika berhasil, hasilnya akan seperti ini:

Warning: do not enter your password if anyone else has superuser
privileges or access to your account.
Password: 
[1] 18:54:55 [SUCCESS] 192.168.0.1:22
[2] 18:54:56 [SUCCESS] 192.168.0.2:22
[3] 18:54:57 [SUCCESS] 192.168.0.3:22

Menjalankan Banyak Perintah pada PSSH

Kelebihan dari PSSH adalah dapat menjalankan banyak perintah sekaligus, sehingga kamu tak perlu capek-capek lagi menulis perintah satu-per-satu untuk semua server.

Berikut ini contoh meng-eksekusi banyak perintah pada PSSH:

pssh -h host.txt -l USERNAME -A "Perintah1; Perintah2; Perintah3; Perintah4; Perintah5"

Tak ada batasan untuk mengirimkan perintah, yang terpenting adalah formatnya sama seperti diatas.

Jika sekiranya kamu ingin tahu bagaimana hasil itu tampil pada semua server/host, cukup tambahkan -P pada sebelum -A. Kegunaannya adalah menampilkan output terhadap perintah yang dikirimkan.

Solusi Muncul Kesalahan Exited with error code 255

Apabila kamu mengalami masalah ini, tidak usah cemas. Karena masih bisa diatasi dengan menjalankan perintah dibawah ini terlebih dahulu:

pssh -h host.txt -l USERNAME -A -i "-O StrictHostKeyChecking=no" "touch host.txt"

Setelah menjalankan perintah seperti diatas, kemudian cobalah untuk menjalankan kembali perintah yang ingin di-eksekusi sebelumnya, dan pastinya kali ini akan berhasil.

Baca juga: Cara Menjalankan Perintah CMD Secara Bersamaan

Kesimpulan

Parallel SSH atau PSSH adalah alat yang cocok digunakan oleh administrator yang sedang bekerja pada banyak server. Ini akan memudahkan untuk menjalankan perintah dari jarak jauh meski host berada di jaringan yang berbeda.

Seluruh jenis perintah yang tersedia pada PSSH bisa dilihat dengan mengetik pssh --help dan apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment