≡ Menu

Solusi Gagal Ekstrak File ZIP dan RAR

Solusi Gagal Ekstrak File ZIP dan RAR

File ZIP dan RAR nyaris memiliki persamaan, dimana keduanya bekerja dalam mengarsipkan banyak file menjadi satu. Namun walau begitu, terdapat perbedaan dari keduanya. Selain hanya ZIP dan RAR saja, sebenarnya masih banyak lagi jenis format arsip saat ini.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan file arsip. Tetapi jika dilihat-lihat, memang lebih banyak kelebihannya, seperti dapat menjaga privasi dengan memasukkan sandi. Dan kekurangannya adalah kesalahan yang terjadi ketika akan mengelola berkas didalamnya, tapi itu sangat jarang terjadi.

Gagal dalam meng-ekstrak file ZIP atau RAR adalah satu-satunya masalah yang dibenci oleh setiap orang. Biasanya kendala tersebut memiliki banyak faktor yang mengakibatkannya, dan beberpa dari itu masih dapat diatasi.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasinya, dan untuk hasil yang lebih baik, cobalah mulai dari paling awal.

Baca juga: Cara Membuat File ZIP pada Komputer

Memastikan File Arsip Tidak Corrupt

Maksud dari file yang corrupt adalah tidak lengkap. Dimana file yang diunduh atau diterima dari perangkat lain dalam keadaan terpotong. Sehingga ketika di-ekstrak akan tampil kesalahan atau berhenti di tengah-tengah.

Solusinya adalah mengunduh ulang file yang corrupt tersebut. Dan sebagai saran, gunakan program atau aplikasi Download Manager untuk mencegah terjadinya corrupt lagi.

Password pada Arsip Salah

Ada kalanya kita tidak sadar dalam mengetikkan password pada arsip, yang mana mengakibatkan gagalnya proses menyalin file yang ada didalamnya. Di suatu program, file arsip yang memiliki password telah diberikan ikon dengan gembok kunci.

Dan password yang terdapat pada file arsip tidaklah selalu memiliki tulisan kecil, kadang itu juga bisa besar atau berupa simbol. Jadi sekarang silakan perhatikan lagi besar kecilnya tulisan yang diketik untuk password supaya tak mengalami kesalahan ketika meng-ekstrak filenya.

Memakai Program Pembuka Arsip yang Lain

Cobalah untuk meng-ekstrak file ZIP atau RAR tersebut memakai program/aplikasi yang lain. Misalnya jika sekarang sedang memakai WinRAR, sebagai saran cobalah memakai program bernama 7-Zip. Sementara itu untuk Android, lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi Zarchiver atau Unzip sebagai alterantif.

Sebab siapa tahu masalahnya bukan dari file arsipnya, melainkan dari program yang sedang galat. Dan dengan mengganti programnya, harusnya itu sudah dapat mengatasi masalahnya.

Baca juga: Cara Meng-Extract File ZIP dan RAR pada Android

Kapasitas Penyimpanan Tidak Cukup

Salah satu hal yang juga sering terjadi untuk kalangan smartphone adalah akibat penyimpanan tidak cukup. Biasanya hal ini terjadi akibat kapasitas bebas yang tersisa sangat sedikit. Sebagian ponsel mungkin akan menampilkan notif apabila penyimpanan tak mencukupi, sisanya lagi menampilkan notif dengan semacam kode.

Untuk itu, pastikan bahwa kapasitas penyimpanan masih mencukupi untuk meng-ekstrak file yang ada di arsip. Karena kadang file arsip yang memiliki ukuran 100 MB, bisa menjadi dua atau 3 kali lipat setelah di-ekstrak.


Hanya itu saja beberapa solusi yang dapat kamu coba untuk mengatasi proses ekstrak yang gagal terhadap file arsip seperti ZIP, RAR, dan lain-lain. Jika sekiranya kamu memiliki solusi lain, atau sesuatu yang ingin ditanyakan, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment