≡ Menu

Cara Mengecek Jumlah Halaman yang Terindeks Google

Cara Mengecek Jumlah Halaman yang Terindeks Google

Membuat sebuah situs web sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun bagian yang sulit adalah membuat konten, karena membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk bisa menghasilkan konten berkualitas yang sekiranya diminati oleh pengunjung.

Jika misalnya pemilik blog membuat 1 konten setiap harinya, maka setiap tahun terkumpul setidaknya 300+ konten. Dan semua itu pastilah harus terindeks di Google supaya lebih berarti. Sebab jika tidak terindeks sama sekali, tentu akan sukar untuk mendapatkan pengunjung nantinya.

Secara umum, kebanyakan orang akan mengetikkan langsung nama situs web miliknya di Google dan mengecek apakah itu sudah terindeks dengan baik. Tapi ketahuilah bahwa ada cara yang lebih efektif untuk mengetahui situs web benar-benar terindeks beserta semua konten yang ada didalamnya. Dan cara tersebut akan dibagikan pada artikel ini.

Baca juga: Tips Supaya Artikel Mendapatkan Lampu Hijau pada Yoast SEO

Cara Cek Jumlah Halaman yang Terindeks di Google

Cara mudah untuk melakukannya adalah melalui Google itu sendiri. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, akan tetapi disini hanya akan menunjukan tata cara yang paling mudah untuk dilakukan.

  1. Silakan buka browser dan menuju Google.
  2. Pada kolom pencarian, ketik seperti berikut ini:

    site:situskamu.tld

    ** Harap untuk mengubah teks “situskamu.tld” menjadi domain situs yang dimiliki saat ini.

    Cara Cek Jumlah Halaman yang Terindeks di Google

  3. Setelah itu perhatikan pada bagian Hasil dibagian atas, itulah total halaman yang terindeks saat ini.

    Cara Cek Jumlah Halaman yang Terindeks di Google

Mungkin kamu akan melihat adanya ribuan hasil yang tampil, dan memang itulah semua halaman yang berhasil di rayapi oleh Google sejauh ini. Cukup samakan pada konten yang kamu buat, apakah hasilnya melebihi atau justru kurang? Dan apabila hasilnya malah kurang, berarti situs web kamu jarang dirayapi oleh Google sehingga konten yang terindeks hanya sebagian.

Tips Supaya Semua Konten Dapat Terindeks Google

Jika situs web telah terdaftar pada Google Search Console, biasanya situs tersebut akan dirayapi secara rutin oleh sistem Google. Namun ada pula beberapa cara yang dapat diterapkan supaya si perayap tersebut bisa datang lebih cepat daripada biasanya. Anatara lain:

  • Menggunakan fitur Fetch as Google secara manual di Google Search Console.
  • Menambah sitemap ke Google Search Console.
  • Menambah konten rutin setiap hari.
  • Memanfaatkan layanan PING.
  • Meningkatkan backlink berkualitas.

Cukup itu saja beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya seluruh konten bisa terindeks lebih cepat. Tapi jangan melakukannya secara berlebihan, karena yang ada malah dianggap spam, sehingga bisa-bisa situs webnya memiliki reputasi buruk di pencarian.

Baca juga: Mengetahui Artikel Sudah Terindeks di Google atau Belum

Kesimpulan

Mengecek total halaman yang terindeks memang sangat diperlukan untuk mengetahui berapa banyak konten yang dibuat telah tampil di Google. Cara lain yang bisa dilakukan adalah melihatnya langsung melalui dasbor di Google Search Console.

Dan akan lebih baik lagi melakukan cara diatas melalui modus Incognito pada browser yang dipakai, untuk mengetahui hasil yang sebenarnya. Atau paling tidak menghapus cookies pada browser terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment