≡ Menu

3 Aplikasi Remote Desktop Terbaik untuk Android

Mengakses komputer kini bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu membawa komputer tersebut, dan yang diperlukan hanyalah ponsel pintar Android dan suatu aplikasi pendukung. Jadi kemanapun kamu pergi membawa ponsel, itu sama saja seolah sedang membawa komputer.

Dengan teknologi Remote Desktop, kamu bisa mengakses komputer dari jarak jauh. Satu-satunya hal yang sangat penting untuk dibutuhkan adalah koneksi internet. Jadi nantinya komputer yang kamu miliki akan dijadikan Server, dan ponsel adalah sebagai Client.

Di Android, terdapat banyak aplikasi Remote Desktop yang tersedia gratis, akan tetapi tak semua itu memiliki kemampuan yang bagus. Dan artikel ini hanya akan membagikan 3 aplikasi terbaik untuk mengakses komputer melalui ponsel dengan mudah dan nyaman.

1. TeamViewer for Remote Control

TeamViewer saat ini tersedia untuk beberapa operasi sistem termasuk Android dan Windows. Tak perlu waktu lama untuk mengatur TeamViewer untuk dijadikan server dan juga menyambungkannya melalui perangkat lain.

Gambaran dari Aplikasi TeamViewer di Android

Yang perlu dicatat adalah Partner ID dan Password yang tampil di layar komputer. Setelah itu kamu bisa memasukkannya di aplikasi TeamViewer pada ponselnya. Dan setelah itu layar komputer akan tampil pada ponsel dan bisa langsung dioperasikan.

2. Microsoft Remote Desktop (RDC)

Sejauh ini, hanya inilah satu-satunya aplikasi RDC paling terbaik dan paling nyaman untuk digunakan pada Android. Kamu bisa mengakses virtual komputer dengan mudah beserta kontrol yang pintar. Ditambah kamu bisa mengakses banyak virtual komputer sekaligus layaknya sedang menggunakan RDC Manager.

Gambaran dari Aplikasi Microsoft Remote Desktop di Android

Apa yang membuat aplikasi ini nyaman digunakan adalah resolusi tampilan komputer yang secara otomatis berubah menjadi bentuk rotasi ponsel saat ini. Faktanya, ini akan lebih nyaman sekali digunakan apabila menggunakan tablet.

Kontrol yang disediakan sudah terbilang cukup. Terdapat tombol khusus seperti CTRL, ALT, dan lain-lain yang tampil dibagian atas keyboard Android. Sementara itu untuk kontrol gesture yang lainnya, bisa dilihat pada menu bantuan pada aplikasi.

3. Remote Ripple (VNC)

Mengakses komputer melalui protokol VNC memang jarang untuk kalangan Windows. Namun kebanyakan orang masih menggunakan ini untuk OS Linux seperti Ubuntu, Debian, Kali, dan lain-lain. Tak peduli program VNC apa yang dipakai sebagai server, itu bisa diakses melalui VNC Viewer apapun.

Gambaran dari Aplikasi Remote Ripple di Android

Dan aplikasi VNC Viewer terbaik untuk Android adalah Remote Ripple. Aplikasi tersebut berbayar dan fitur yang disediakan juga tidak main-main. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, tentu Remote Ripple lebih unggul, karena aplikasi ini memiliki suatu kelebihan tersendiri.

Satu-satunya yang membuatnya berbeda adalah adanya virtual mouse yang besar. Kamu bisa memakai itu layaknya mouse yang ada di komputer. Terdapat opsi klik kanan, dan bahkan opsi untuk menggulir (skroll).


Jadi, apakah kamu sudah menemukan aplikasi Remote Desktop mana yang cocok untuk digunakan? Tapi jika boleh menyarankan, sebaiknya gunakan TeamViewer karena terbilang mudah dan cepat tanpa perlu mengatur banyak hal untuk membuat komputer sebagai server.

Baca juga: Cara Mengakses Winbox Mikrotik Melalui HP Android

Sedangkan RDC dan VNC lebih tepat untuk dijadikan sebagai virtual komputer. Dan kamu tetap mempunyai hak untuk memilih mana yang kamu sukai, karena ketiga dari aplikasi diatas memiliki fitur yang paling terbaik dari yang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment