≡ Menu

Trik Memasang Ekstensi Chrome di Browser Android

Semua orang pasti telah mengerti apa itu Ekstensi Chrome, itu adalah semacam pengaya yang dapat digunakan di browser Chrome di komputer untuk menambah fitur baru. Istilahnya ini sama halnya seperti Add-Ons yang ada di Mozilla Firefox.

Hingga sekarang ini terdapat ratusan ekstensi yang tersedia di Chrome Webstore dan dapat dipakai secara gratis. Sayangnya semua itu masih belum dapat dipasang pada browser Google Chrome di Android. Namun sebenarnya ada lho trik untuk memasang ekstensi tersebut supaya bisa menggunakannya di ponsel.

Yaitu tidak menggunakan Google Chrome, melainkan memakai browser yang lain. Saat ini ada dua browser yang dapat memasang ekstensi Chrome, yakni adalah Firefox dan Yandex. Dan artikel ini memilih untuk menggunakan Yandex sebagai tutorial memasang ekstensi Chrome.

Baca juga: Cara Memasang Extension Chrome Pada Opera

Cara Memasang Ekstensi Chrome di HP Android

Jadi yang dibutuhkan sekarang untuk memasang ekstensi Chrome bukanlah browser Google Chrome, melainkan Yandex Browser. Tidak perlu ragu lagi terhadap kualitas peramban tersebut, karena di Play Store rating yang didapatkan sangat tinggi.

Tak perlu basa-basi lagi, berikut ini tata cara memasang ekstensi Chrome dengan Yandex Browser:

  1. Silakan pasang aplikasi Yandex Browser terlebih dahulu melalui Play Store.
  2. Buka Yandex Browser dan menuju halaman ekstensi yang ingin dipasang.
  3. Tekan pada tombol Add to Chrome.

    Cara Memasang Ekstensi Chrome di HP Android

  4. Selanjutnya akan muncul dialog perizinan, lanjutkan dengan menekan ADD EXTENSION.

    Cara Memasang Ekstensi Chrome di HP Android

  5. Selesai, sekarang ekstensi sudah terpasang.

Hanya dengan sedikit langkah saja dan kamu sudah berhasil memasang ekstensi Chrome pada Android menggunakan Yandex Browser. Dan untuk mengetahui apakah ekstensi sudah terpasang dengan baik, silakan menuju Pengaturan > Extension Catalog.

Bagaimana Cara Menggunakan Ekstensi yang Telah Terpasang?

Ekstensi hanya bisa digunakan apabila browser telah membuka suatu halaman situs web. Yang harus dilakukan hanyalah menekan tombol Opsi kemudian memilih menu Extension. Lalu pilih pada ekstensi yang akan digunakan.

Cara Menggunakan Ekstensi yang Telah Terpasang

Daftar ekstensi yang terpasang akan tampil disana semua. Tapi satu kekurangan dari Yandex Browser adalah tidak dapat memakai ekstensi apabila ada pada mode incognito. Mungkin itu memang dinonaktifkan oleh sistem supaya privasi tetap terjaga ketika berada di modus penyamaran.

Cara Menghapus Ekstensi yang Terpasang di Yandex Browser

Selain hanya memasangnya, kamu juga berhak untuk menghapus ekstensi yang telah terpasang saat ini. Dan itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup menuju Settings, lalu gulir kebawah dan pilih Extension Catalog, kemudian ketuk tombol Detele pada ekstensi yang ingin dihapus.

Cara Menghapus Ekstensi yang Terpasang di Yandex Browser

Baca juga: 2 Cara Memasang Extension Secara Manual di Chrome

Kesimpulan

Ada beragam ekstensi Chrome yang menarik untuk dicoba, tapi ketahui juga bahwa dengan memasang satu ekstensi sebenarnya akan menambah memory pada browser. Dan jika browser memiliki terlalu banyak ekstensi yang terpasang, itu hanya akan membuat kinerja browser menjadi lambat.

Sebagai saran, pasang ekstensi yang dirasa perlu untuk digunakan setiap hari, dan hapus ekstensi yang jarang digunakan. Dengan begitu kinerja Yandex Browser akan tetap normal dan mengakses situs web tetap nyaman tanpa ada gangguan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment