≡ Menu

Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Android

Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Android

Melakukan chatting bersama teman-teman akan terasa lebih berwarna dengan menambahkan sebuah emoji untuk mengekspresikan perasaan. Biasanya tombol untuk mengirimkan emoji sudah disediakan oleh aplikasi chatting yang digunakan, contohnya seperti WhatsApp yang memberikan tombol emoji pada opsi navigasi diatas keyboard.

Sedangkan aplikasi sejenis sosial media seperti Facebook biasanya tidak memberikan tombol emoji dan pengguna akan kesulitan untuk mengirimkan emoji melalui keyboard asli android. Tapi pada dasarnya keyboard original Android sudah disediakan fitur emoji lho, namun fitur tersebut memang sukar untuk dijangkau.

Walau saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi keyboard external yang memiliki banyak fitur terkait tombol emoji yang mudah dijangkau, tapi beberapa orang memilih menggunakan keyboard asli ponsel Android. Satu alasannya adalah ringan dan telah terbiasa. Dan artikel ini akan menjelaskan tata cara menggunakan emoji pada keyboard original ponsel Android.

Baca juga: Begini Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

Bagaimana Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Asli Android?

Fitur emoji yang tersedia pada keyboard asli, hanya tersedia untuk OS Android versi 4.0 keatas. Jadi sayang sekali untuk pengguna Android Gingerbread sepertinya tidak bisa menerapkan cara ini.

Sementara itu, emoji yang disediakan pada keyboard asli juga sama lengkapnya, alias tidak ada perbedaan sama sekali meski kamu memakai aplikasi keyboard external. Berikut ini tutorial untuk mengirimkan emoji melalui keyboard asli Android.

  1. Tekan lama pada tombol Enter pada keyboard.

    Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Asli Android

  2. Kemudian akan muncul tombol emoji, cukup seret jari ke tombol emoji tersebut.

    Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Asli Android

  3. Selesai, pasti sekarang pilihan emoji sudah dapat terbuka.

    Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Asli Android

Sederhana sekali bukan? Jika kamu sudah terbiasa melakukan itu, pasti tak butuh waktu lama untuk mengirimkan emoji sambil mengetik sesuatu. Intinya yang diperlukan untuk menampilkan tombol emoji hanyalah menekan lama tombol enter yang berada dibawah kanan.

Baca juga: Cara Menggunakan Emoji pada Komputer

Solusi Apabila Tombol Emoji Tidak Tampil

Apabila sudah melakukan sesuai cara diatas namun tombol emoji tetap tidak mau muncul, kemungkinan besar masalahnya ada di bagian pengaturan. Solusinya sangat mudah, yaitu cukup mengaktifkannya saja.

Silakan menuju Pengaturan > Bahasa & Masukan > Pengaturan Keyboard > Lanjutan. Nah dibagian sini, cukup aktifkan pada opsi Emoji untuk keyboard fisik.

Mengaktifkan Fitur Emoji di Keyboard Asli Android

Setelah diaktifkan, Cobalah kembali melakukan tata cara diatas, pastinya tombol emoji sudah bisa muncul dan dapat digunakan tanpa ada kendala lagi. Tetapi jika kamu memiliki masalah lain terkait emoji pada keyboard Android, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment