≡ Menu

Cara Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

Cara Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

Satu misi yang paling banyak diharapkan oleh seseorang dalam membuat website adalah memiliki pengunjung yang banyak. Dan kebanyakan dari mereka memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk mewujudukan misinya dengan mengikuti segala peraturan yang ada.

Setiap bulan sekali selalu ada pembaruan algoritma yang akan mengubah beberapa hal pada mesin pencari. Dan jika situs yang kamu kelola terkena dampaknya, tentu selalu ada akibat dari itu. Bisa jadi disebabkan adanya kesalahan yang dihiraukan terlalu lama, atau lain sebagainya.

Memperbagus posisi di hasil pencarian Google tak hanya bisa dilakukan dengan memperbanyak backlink saja, tapi ada banyak hal yang harus dilakukan. Namun memang benar bahwa backlink sangatlah berpengaruh, tetapi tak semua backlink bisa diharapkan untuk memperbagus posisi SERP.

Ada yang namanya backlink bagus, dan backlink buruk. Tentunya akan sangat sulit untuk mendeteksi tanpa bantuan sistem, apalagi jika backlink yang dimiliki sangat banyak sekali. Dan pada dasarnya Google telah menangkap seluruh backlink yang dimiliki situs kamu, sehingga kamu dapat melihat dan menyeleksi.

Baca juga: Cara Mencegah Komentar SPAM pada Blog

Bagaimana Cara Melihat Seluruh Backlink yang Dimiliki pada Website?

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu menggunakan bantuan Google Search Console atau memakai fitur Backlink Audit di SEMrush & Ahrefs. Khusus pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengambil seluruh backlink dari Google.

Jadi sekarang silakan masuk terlebih dahulu ke Google Search Console dan menuju website yang dikelola. Kemudian ikuti langkah dibawah ini:

  1. Pada Dasbor Google Search Console, silakan klik menu Links.

    Cara Melihat Seluruh Backlink yang Dimiliki pada Website

  2. Lalu di bagian Top linking sites, klik opsi More.

    Cara Melihat Seluruh Backlink yang Dimiliki pada Website

  3. Tahap terakhir, klik ikon download dan pilih Download CSV.

    Cara Melihat Seluruh Backlink yang Dimiliki pada Website

Nah setelah diunduh, kamu bisa menyeleksi setiap link melalui Excel dan dari sini kamu bisa memulai untuk memeriksa backlink yang tidak dibutuhkan.

Cara Mengidentifikasi Backlink Buruk

Tentunya sebagian orang akan bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui backlink bagus dan buruknya. Tapi sebelum membahasnya, ini bukan hal yang cepat untuk dilakukan. Kecuali jika kamu telah membeli produk backlink audit, tentunya itu bisa dilakukan beberapa menit saja.

Untuk mengetahui backlink yang buruk, cukup ketahui berdasarkan spam score dari website yang menanam link situs kamu. Jika spam score sangat tinggi, pastilah itu cocok untuk dihilangkan.

Tak hanya dari spam score saja, tapi beberapa kriteria berikut ini adalah contoh dari backlink buruk:

  • Domain authority rendah
  • Website yang tidak diindeks
  • Link external terlalu banyak
  • Teks anchor tidak alami

Seperti yang dikatakan diatas, bahwa ini bukan cara yang cepat untuk dilakukan, sehingga harus teliti untuk mengecek setiap backlink yang terlihat seperti kriteria diatas.

Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

Syukurnya Google telah memiliki fitur untuk menghapus backlink yang dirasa kurang cocok. Setelah melalui dari langkah lama untuk mengidentifikasi setiap backlink, sekarang kamu bisa mulai santai untuk melakukan langkah ini.

Siapkan file dengan format TXT dan isikan domain dari backlink buruk yang telah dipilih tadi. Isikan satu domain per-baris. Dan jika sudah selesai, ikuti langkah dibawah ini untuk mulai menghapusnya.

  1. Silakan menuju halaman Google Disavow Tool.
  2. Kemudian pilih situs webnya dan klik tombol Disavow Links.

    Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

  3. Setelah itu akan muncul peringatan sebelum penggunaan, cukup klik lagi tombol Disavow Links.

    Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

  4. Sekarang klik tombol Choose File dan pilihlah berkas TXT berisi backlink buruk tadi.

    Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

  5. Dan tahap terakhir adalah menekan tombol Submit dan selesai.

    Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

Setelah mengirimkan berkas TXT tersebut, sistem Google akan langsung menerimanya, tapi ini membutuhkan waktu beberapa saat sampai seluruh backlink buruk tersebut bisa dihilangkan sepenuhnya.

Baca juga: Tips Mencari Expired Domain yang Tepat

Kesimpulan

Google Disavow Tool berguna untuk menghapus backlink yang telah diseleksi dalam berkas TXT. Sangat penting untuk menyeleksi backlink mana saja yang akan dipilih, karena jika menghapus backlink yang salah, akan berdampak pada SEO.

Namun jika menghapus backlink buruk, tentunya ini akan meningkatkan reputasi website untuk bisa mendapatkan posisi yang lebih baik disetiap kata kunci.

Boleh-boleh saja memiliki backlink yang banyak, tapi harus berkualitas. Sebab jika kebanyakan backlink yang didapatkan buruk, tentu akan merusak nilai SEO.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Roketlagu Januari 18, 2019, 1:05 am

    kalau ada backlink buruk dan tidak di hapus situs kita aman gak gan di serp google nya?

    • rrobyf Januari 18, 2019, 10:26 am

      Jika terlalu banyak backlink yang terindikasi buruk, maka dampaknya akan terasa pada hasil pencarian di Google. Kemungkinan suatu artikel yang sebelumnya berada di posisi atas akan menurun.

Leave a Comment