≡ Menu

Cara Mengganti Username Instagram dengan Mudah

Cara Mengganti Username Instagram dengan Mudah

Username atau nama pengguna yang ada di Instagram bertujuan sebagai identitas akun. Kegunaannya nyaris sama seperti di Twitter, dimana username tersebut bisa digunakan sebagai panggilan. Misalnya memeberi tag ke suatu teman, maka yang diutamakan adalah username ketimbang nama lengkap.

Pada Instagram, kamu dapat mengganti username sesuka hati apabila itu dirasa kurang bagus atau hal lain. Proses pendaftaran memang membutuhkan username untuk diatur, tapi bukan berarti itu digunakan untuk selamanya. Sebab setiap pengguna memiliki hak untuk mengganti usernamenya.

Dan untuk menggantinya sebenarnya sangat mudah sekali. Ini hampir sama seperti mengganti nama lengkap yang ada di akunnya, hanya saja opsinya berbeda. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana cara mengganti username di Instagram, jadi silakan untuk menyimak.

Baca juga: Cara Membuat Pertanyaan pada Instagram Story

Tutorial Mengganti Username Instagram Paling Mudah

Terdapat dua cara yang dapat kamu lakukan, tapi hanya satu metode saja yang diberikan disini. Yaitu melalui aplikasi Instagram di ponsel. Tapi sebelum mulai untuk mengganti, silakan pikirkan dua kali sebelum mengubah usernamenya. Sebab username ini termasuk peranan penting sebagai pengenal akun.

Dan mengganti username juga tidak akan mempengaruhi hal lain, atau dengan maksud segalanya akan tetap sama seperti sebelumnya. Termasuk followers, following, hingga konten yang diunggah juga akan sama tidak berubah. Berikut ini tata cara mengganti username di Instagram melalui ponsel.

  1. Silakan buka aplikasi Instagram di ponselnya
  2. Kemudian menuju bagian Profil

    Tutorial Mengganti Username Instagram Paling Mudah

  3. Ketuk pada opsi Edit Profil

    Tutorial Mengganti Username Instagram Paling Mudah

  4. Perhatikan pada bagian Nama Pengguna, itu adalah username saat ini, silakan diubah

    Tutorial Mengganti Username Instagram Paling Mudah

  5. Setelah selesai mengganti, cukup tekan opsi centang pada bagian atas

    Tutorial Mengganti Username Instagram Paling Mudah

  6. Selesai, username telah berhasil diubah

Untuk memastikan username sudah diubah, silakan cek pada bagian Profil, pasti nama pengguna sudah berganti dari sebelumnya. Namun jika itu belum berganti, silakan hapus cache terlebih dahulu pada aplikasi Instagram dan kemudian buka kembali bagian Profil.

Baca juga: Cara Menghentikan Akun Instagram dari Auto Follow

Akhir Kata

Cara lain adalah melalui web browser, yaitu menuju situs web Instagram. Langkahnya nyaris sama seperti diatas, yaitu menuju profil. Tapi memakai cara diatas pun sudah dipastikan berhasil. Intinya ini hanya mirip mengganti nama lengkap atau bahkan biodata pada akunnya.

Saat ini tak ada batasan dalam pergantian username, tapi sangat disarankan untuk mengingat-ingat username yang pernah digunakan sebelumnya. Sebab suatu saat jika akun tak dapat dibuka dan meminta bantuan ke Instagram, pasti mereka akan meminta informasi mengenai username yang sebelumnya sebagai verifikasi identitas pemilik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment