≡ Menu

Tutorial Memasang Python di Komputer Windows

Tutorial Memasang Python di Komputer Windows

Python adalah bahasa pemrograman yang cukup populer digunakan sampai sekarang. Dapat digunakan untuk segala macam platform, tak terkecuali Windows. Proses instalasinya sebenarnya tidaklah sulit, namun perlu beberapa tindakan untuk membuatnya dapat berjalan lancar pada Windows.

Mungkin kamu memiliki masalah ketika ingin menjalankan kode python. Entah itu karena komputer tidak mendeteksi adanya Python yang terpasang atau lain-lain. Tapi pada dasarnya Python versi 3 sudah dapat meng-implementasi otomatis ke sistem ketika proses instalasi, berbeda dengan Python versi 2.7 yang harus melakukannya secara manual.

Jadi artikel ini akan menjelaskan mengenai tata cara memasang Python versi 2.7 yang benar beserta tata cara memanggil kode python tersebut memakai Command Prompt (CMD). Yang diperlukan sekarang hanyalah tenang dan simak langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Menjalankan Script Python di Android

Tutorial Memasang Python pada PC Windows

Tata cara ini hanya membutuhkan beberapa menit saja dan kamu akan berhasil memasang Python di Windows. Tapi lebih baik ketahui terlebih dahulu kode python yang akan digunakan membutuhkan Python versi berapa. Karena jika salah memilih, maka akan terjadi error pada saat pemanggilan terhada kodenya.

Berikut tutorial memasang Python 2.7 pada Windows:

  1. Download terlebih dahulu Python 2.7 dan sebaiknya pilih yang Windows MSI Installer.
  2. Jika sudah didownload, silakan buka programnya dan proses instalasi akan dimulai. Klik tombol Next.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  3. Pada direktorinya, biarkan menjadi C:\Python27\. Lanjutkan menekan tombol Next.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  4. Dan pada tahap ini, langsung klik tombol Next dan tunggu proses instalasi selesai.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  5. Setelah selesai, silakan menuju Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  6. Klik tombol Environment Variables.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  7. Pada System variables, sorot pada bagian Path dan kemudian klik tombol Edit.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  8. Klik tombol New dan tambahkan kode dibawah ini:

    C:\Python27\
    C:\Python27\Scripts\

    Jika sudah, klik tombol OK.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

  9. Tahap terakhir, silakan buka Command Prompt (CMD) dan ketik python lalu ENTER. Jika muncul versi Pythonnya, berarti pemasangan berhasil.

    Tutorial Memasang Python pada PC Windows

Mudah sekali kan? Intinya supaya python dapat terdeteksi di segala direktori, harus dipasang ke Path di Environment Variables. Dengan begitu, kamu tidak perlu memindahkan file python ke tempat instalasi Python lagi dan bisa mengaksesnya dimana saja.

Namun jika pada CMD masih tidak terdeteksi, silakan ulangi tutorial diatas mulai dari langkah ke-5. Karena bisa jadi ada yang kurang, entah belum menekan tombol OK, atau salah penulisan ketika menambahkan di Path.

Mengapa Script Python Bermasalah Ketika Dipanggil?

Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, bukan berarti kendalanya dari proses pemasangannya, tapi itu meliputi dari banyak hal. Jadi silakan cek kembali kesalahan apa yang didapat ketika proses pemanggilan dilakukan.

Bisa jadi kekurangan modul, tidak mendukung untuk versi Python yang dipakai sekarang, atau syntax error. Tapi jika kekurangan modul, kamu bisa memasang modul tersebut secara manual menggunakan perintah pip yang telah disediakan oleh Python.

Baca juga: Deteksi Jenis Enkripsi dengan HashID pada Ubuntu

Akhir Kata

Sekarang kamu telah mengerti tentang tata cara memasang Python secara manual di komputer Windows. Dan sebenarnya kamu juga bisa lho memasang keduanya sekaligus, yaitu versi Python3 dan Python27 dan itu akan dibagikan pada artikel yang akan datang. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara memasang Python, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment