≡ Menu

Cara Instal Ulang Browser Opera di Komputer

Cara Instal Ulang Browser Opera di Komputer

Browser Opera hingga saat ini memiliki jutaan peminat dan termasuk sebagai peramban terbaik yang pernah ada. Fitur yang diberikan oleh Opera sangat unik dan tak semua browser memilikinya. Contohnya adalah akses VPN gratis yang memiliki 3 lokasi berbeda.

Namun Opera masih harus terus untuk ditingkatkan supaya segala kesalahan dapat hilang. Karena ada banyak orang yang mengalami crash yang terjadi pada browser ini, dan berakhir tak dapat membuka browsernya.

Tentu jika tak dapat membuka program Opera, maka tidak akan bisa menelusuri internet lagi. Dan satu-satunya cara mengatasi yang paling mudah adalah menginstal ulang. Dengan begitu, Opera dapat dibuka kembali secara normal seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Modus Turbo pada Opera PC

Cara Menginstal Ulang Opera Tanpa Kehilangan Data

Berbicara tentang instal ulang suatu program, pasti yang dikhawatirkan adalah data yang pernah tersimpan sebelumnya akan hilang, contohnya seperti Bookmark. Tapi jangan khawatir, karena artikel ini akan menunjukan cara menginstal ulang broser Opera secara aman tanpa mempengaruhi data sedikitpun.

  1. Silakan menuju Control Panel -> Uninstall a Program.

    Cara Menginstal Ulang Opera Tanpa Kehilangan Data

  2. Selanjutnya klik dua kali pada program Opera.

    Cara Menginstal Ulang Opera Tanpa Kehilangan Data

  3. Akan muncul kotak dialog dari Opera, silakan pilih opsi Re-Install

    Cara Menginstal Ulang Opera Tanpa Kehilangan Data

  4. Tunggu proses download & instalasi selesai.

    Cara Menginstal Ulang Opera Tanpa Kehilangan Data

Jadi pada dasarnya Opera telah menempatkan fitur untuk instal ulang apabila terdapat kesalahan yang terjadi suatu saat. Dengan menginstal ulang, kesalahan yang terjadi sebelumnya akan langsung hilang.

Setelah proses instal ulang berhasil, maka secara otomatis komputer akan membuka browser Opera dan cobalah untuk melihat data-datanya, pasti akan tetap sama seperti sebelumnya.

Solusi Opera Tetap Error Meski Telah Di-instal Ulang

Apabila hal ini memang terjadi, terkadang masalahnya adalah terdapat program lain atau suatu proses yang membuat komputer tak dapat membuka Opera atau direktori dimana Opera tersimpan. Solsuinya, cobalah untuk me-restart komputer terlebih dahulu.

Cek kembali, apakah setelah memulai ulang komputer sudah dapat mengatasinya? Jika masih belum, sangat disarankan untuk melakukan restore system. Dengan begitu, data sistem yang lama akan dikembalikan dan browser Opera akan kembali seperti dulu lagi.

Namun dengan melakukan restore system beresiko kehilangan beberapa data yang disimpan akhir-akhir ini pada browser, atau dengan maksud tidak semuanya dan hanya sejak restore point dibuat.

Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper pada Browser Opera di PC

Kesimpulan

Menginstal ulang Opera dapat dilakukan tanpa harus menghapus program Opera terlebih dahulu. Karena fitur re-install Opera telah pintar untuk melakukan itu secara otomatis. Dan paket yang diunduh adalah Opera versi terbaru. Setelah paket terunduh, akan dilanjutkan meng-extract dan setelah itu mengganti file lama dengan yang baru.

Bisa dibilang fitur untuk menginstal ulang ini sudah sama seperti fitur Recovery, dimana jika terdapat kerusakan yang fatal sampai tak dapat masuk ke browser lagi, maka cukup lakukan ini dan semuanya akan kembali normal lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment