≡ Menu

5 Tips Bermain Game Tanpa Takut Kehabisan Baterai

5 Tips Bermain Game Tanpa Takut Kehabisan Baterai

Bermain game adalah sesuatu yang menyenangkan. Tak hanya berlaku untuk anak atau remaja saja, namun orang dewasa pun juga masih banyak yang memainkan game hingga sekarang. Ada puluhan genre game yang dapat dimainkan dan seseorang pastilah memilih yang dirasa paling menyenangkan.

Terkadang ketika permainan sangat menyenangkan, kita tidak akan ingat terhadap baterai. Sehingga suatu saat baterai tiba-tiba habis dengan sendirinya. Tapi ada lho cara supaya baterai dapat bertahan lebih lama meski memakai ponsel untuk bermain game.

Pada dasarnya bermain game memang bisa menguras baterai. Namun dengan tips yang dibagikan pada tulisan ini, memungkinkan kamu dapat menghemat baterai setidaknya 20% sampai 50% sehingga dapat bermain game lebih lama daripada biasanya.

Baca juga: 3 Aplikasi Terbukti Bisa Menghemat Baterai HP Android

1. Gunakan Aplkasi Game Booster

Aplikasi game booster tak hanya berguna untuk membuat permainan tidak ngelag, tapi disisi lain itu juga berguna layaknya task killer dimana dapat menghentikan suatu proses aplikasi lain di latar belakang.

Dengan menghentikan proses di latar belakang, itu sudah termasuk penghematan baterai. Sebab jika terdapat proses di latar belakang, maka kinerja ponsel tentunya akan bekerja lebih keras. Sedangkan jika tidak ada, maka kinerja ponsel hanya berfokus pada game dan aplikasi sistem saja.

Jadi sebagai saran silakan unduh aplikasi Game Booster di Play Store dan setiap kali ingin bermain game, utamakan untuk memulainya dari Game Booster.

2. Hibernasikan Aplikasi yang Berjalan Sebelum Bermain Game

Dibanding mencopot aplikasi, cukup menghibernasikan saja adalah pilihan yang tepat. Sebagai saran disini adalah menggunakan aplikasi Greenify. Sebab aplikasi tersebut dapat menghibernasikan suatu aplikasi tanpa perlu root.

Jika ponsel kamu telah diroot, tentunya kinerja dari aplikasi Greenify akan lebih baik lagi. Sementara jika tidak diroot, maka kinerjanya nyaris mirip seperti task killer, cuma perbedaannya adalah Greenify akan memaksa berhenti terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dan ini aman untuk dilakukan.

3. Mengurangi Grafik pada Game

Ini merupakan cara yang paling disarankan untuk benar-benar menghemat baterai. Terkadang suatu game memberikan fitur untuk mengganti kualitas grafisnya. Dan yang disarankan untuk menghemat baterai adalah kualitas low (paling rendah).

Dengan memilih kualitas paling rendah, maka CPU & GPU pada ponsel tidak akan terbebani terhadap grafis. Namun beberapa efek seperti bayangan dan lain-lain akan ditiadakan. Itu tidak masalah selama permainan masih tetap nyaman untuk dimainkan.

Selain membuat permainan anti ngelag, dengan menurunkan kualitas dapat menghemat daya baterai lebih baik dibanding mengaturnya sebagai kualitas high (paling tinggi).

4. Jangan Kebiasaan Bermain Game Sambil Ngecas

Apabila memainkan game ketika ponsel sedang di-charging. Tentunya itu akan membuat ketahanan baterai mengurang dan sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Lebih baik tunggu ponsel benar-benar mengisi sampai daya penuh dan kemudian baru bermain game.

Tak ada sulitnya untuk menunggu proses charging. Apalagi kini sudah banyak tersedia ponsel yang memiliki keunggulan fast-charging dimana dapat mengisi daya lebih cepat dibandingkan biasanya.

Baca juga: Tips Membeli Baterai Baru untuk HP Android

5. Mengubah Beberapa Hal pada Pengaturan Ponsel

Dibanding menggunakan aplikasi penghemat baterai, kamu sebenarnya bisa menerapkan fungsionalnya secara manual. Disini akan dibagikan beberapa hal yang sebaiknya diterapkan pada pengaturan ponsel, anatara lain:

  • Menurunkan kecerahan layar
  • Tidak menggunakan Live Wallapper
  • Aktifkan Fitur Hemat Daya (apabila ada)
  • Matikan auto-start pada suatu aplikasi

Beberapa hal diatas sangat berpengaruh terhadap daya baterai pada ponsel. Jika terdapat fitur Hemat Daya, biasanya kinerjanya adalah membatasi CPU supaya tidak bekerja semuanya dalam satu waktu, dan itu sangat bagus.

Sedangkan fitur auto-start aplikasi tersedia untuk semua ponsel Android versi Lolipop keatas. Namun setiap ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa memberikan lokasi tepatnya dimana fiturnya berada. Yang pasti itu ada di Pengaturan ponsel.


Itu saja beberapa tips berguna yang akan membuatmu tetap dapat bermain game tanpa harus khawatir baterai cepat habis. Karena dengan tips diatas, daya tahan baterai akan meningkat daripada sebelumnya.

Kamu dapat memilih dan menerapkan beberapa tips diatas, atau dengan maksud tidak harus semuanya. Namun jika ingin menerapkan semuanya, itu akan lebih baik lagi asalkan tidak menganggu kenyamanan dalam menggunakan ponsel nantinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment