≡ Menu

Solusi Mengatasi Mobile Usability Bermasalah di Google

Tampilan seluler yang ada di ponsel kini sangat mempengaruhi terhadap nilai SEO. Sehingga jika ada satu kesalahan terjadi, ini akan berdampak buruk terhadap reputasi halaman website di hasil pencarian yang mana posisinya bisa saja turun dari sebelumnya.

Google biasanya akan mengirimkan pesan email apabila terdapat kesalahan terhadap tampilan seluler pada situs web yang kamu kelola. Contohnya seperti ini “New Mobile Usability issues detected for site …” dan terdapat URL yang terkait didalamnya.

Pada dasarnya ini memang bukan hal yang bagus, tapi tidak perlu khawatir, sebab masalah ini masih dapat diselesaikan. Dan jika kamu membuka Search Console, pasti disana juga akan ditampilkan error yang terjadi pada Enhancements > Mobile Usability.

Baca juga: Cara Mengatasi Sitemap Error Warning atau Pending di Search Console

Identifikasi Jenis Kendala yang Dialami

Faktanya, dengan menerima pesan email masalah Mobile Usability, bukan berarti hanya mengatasi satu hal saja, melainkan harus mengatasi seluruh masalah yang ditampilkan disana. Misalnya menerima kendala “Clickable elements too close together” dan “Content wider than screen“, maka kedua itu harus diatasi semuanya.

Contoh Pesan Mobile Usability Bermasalah di Email

Jika kamu adalah seorang developer, maka pasti tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Tetapi kendala ini kadang juga tidak disebabkan oleh template, namun server yang bermasalah juga bisa menjadi faktor.

Contohnya server terdapat kendala dan celakanya Google meng-indeks halaman tersebut yang mana tampilannya tidak responsive. Tentunya hal tersebut akan ditandai sebagai Mobile Usability yang bermasalah, dikarenakan tampilan website yang berantakan hanya dikarenakan server bermasalah.

Mengecek Apakah Halaman Website Telah Mobile-Friendly?

Bagian terbaiknya adalah Google telah menyiapkan alat untuk mengetes apakah situs sudah cocok untuk perangkat seluler. Nama dari alat tersebut adalah Mobile-Friendly Test Tool.

Silakan gunakan fitur tersebut untuk mengecek halaman yang terkena masalah. Dan jika dinyatakan tidak ada kesalahan sama sekali yang muncul, berarti sebelumnya memang terjadi kesalahan server sementara yang membuat tampilan website berantakan.

Situs web Ditanyakan Mobile Friendly dan Tidak ada Kesalahan

Akan tetapi jika sekiranya muncul kesalahan yang sama seperti pesan yang diberikan oleh Google, berarti kamu harus segera untuk mulai memperbaikinya.

Memastikan Robots.txt Tidak Sedang Memblokir

Banyaknya orang yang mengalami kendala ini adalah dikarenakan kesalahan ketika menyunting robots.txt dengan memblokir perayap Google untuk mengakses bagian terpenting seperti CSS atau JS. Jadi silakan cek terlebih dahulu.

Khususnya jika kamu memakai WordPress, pastikan bahwa robots.txt tidak sedang diatur untuk memblokir “/wp-content/“, sebab direktori tersebut sangat penting sekali untuk tampilan website dan lain-lain.

Mengajukan Validasi ke Google

Jika sekiranya halaman yang dianggap memiliki kesalahan sudah diatasi, atau paling tidak sudah tak ada masalah lagi ketika mengecek memakai Mobile-Friendly Tool, maka ini saat yang tepat untuk mengajukan pengetesan ke Google.

Terdapat tombol biru di Search Console bagian Mobile Usability yang berguna untuk mengajukan validasi. Setelah itu cukup menunggu sekiranya 1 sampai 5 hari dan kamu akan mendapatkan balasan di email yang menyatakan hasilnya.

Halaman pada Website Dinyatakan Tidak Memiliki Kesalahan

Baca juga: Mengetahui Artikel Sudah Terindeks di Google atau Belum

Kesimpulan

Tak selamanya kendala ini disebabkan oleh tampilan website, tapi kadang juga terjadi akibat kekliruan mesin pencari mengindeks halaman disaat server website sedang bermasalah. Namun yang pasti, ketika situs web tidak mendapati masalah ketika dicek memakai Mobile-Friendly Test Tool, berarti tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Apabila sekiranya kamu kesulitan untuk mengatasi suatu kesalahan terkait Mobile Usability, silakan baca pada halaman Laporan Kegunaan Seluler, karena disana juga telah disediakan seluruh jenis error dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat dan Selmaat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment