≡ Menu

Cara Mengubah Ukuran Teks di HP Android

Cara Mengubah Ukuran Teks di HP Android

Banyak kegunaan yang bisa dilakukan pada ponsel Android. Tak hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga dapat dipakai untuk banyak hal seperti mengirim uang, menonton video, dan membaca e-book. Selain itu pengoperasian di ponsel Android juga terbilang mudah dan sederhana.

Tapi setiap ponsel Android tak memiliki spesifikasi yang selalu sama. Misalnya saja dari sisi ukuran layar. Terkadang ada yang memiliki ukuran layar yang lebih besar seperti tablet, dan itu akan membuat tulisan pada ponsel menjadi lebih kecil dibanding sebelumnya.

Ukuran teks atau tulisan yang lebih kecil akan membuat pengguna kesulitan untuk membaca dengan baik. Meski sudah ada fitur magnification, namun jika menggunakan itu, tulisannya akan terlalu besar dan tidak standar. Dan artikel ini akan menunjukkan cara untuk mengubah ukuran teks di Android.

Baca juga: Cara Membuat Quotes Gambar Secara Online

Tutorial Mengganti Ukuran Teks di Android

Semua ponsel Android memiliki fitur untuk melakukan ini. Tata caranya hampir sama seperti mengubah font atau gaya tulisan, hanya saja ini khusus untuk mengubah ukuran tulisan saja dan kamu dapat memilih besar/kecil ukuran sesuai yang diinginkan.

  1. Silakan menuju Pengaturan, dan kemudian tekan pada menu Tampilan

    Cara Mengganti Ukuran Teks di Android

  2. Ketuk pada opsi Ukuran Font

    Cara Mengganti Ukuran Teks di Android

  3. Lalu silakan pilih ukuran yang diinginkan

    Cara Mengganti Ukuran Teks di Android

Setelah melakukan langkah diatas, maka ukuran teks akan langsung berubah tanpa perlu memulai ulang perangkat. Disana terdapat beberapa ukuran yang telah disediakan oleh sistem. Dan sebagai saran, pilihlah ukuran yang dirasa paling nyaman untuk membaca teks pada ponsel.

Mengapa Ukuran Teks Tidak Berubah pada Suatu Aplikasi?

Pada dasarnya cara ini hanya bertujuan untuk mengubah ukuran untuk aplikasi sistem saja. Jadi ini akan berpengaruh ke teks pada aplikasi seperti kontak, perpesanan, kalender, dan lain-lain. Namun tidak menutup kemungkinan juga bekerja untuk aplikasi lain.

Jika suatu aplikasi menggunakan font standar yang dipakai pada ponselnya, maka ukuran teksnya juga akan berubah. Namun jika suatu aplikasi tidak menggunakan font standar, maka ukuran teksnya tidak akan berubah. Sederhananya seperti aplikasi Facebook yang menggunakan font sendiri, namun kamu masih diberi opsi untuk mengubah ukuran teks pada pengaturan Facebook.

Baca juga: Cara Mengganti Font Di Android

Akhir Kata

Pastinya sekarang kamu sudah paham tentang cara mengubah ukuran teks di ponsel Android. Tapi ketahuilah, beberapa aplikasi mengharapkan penggunanya untuk memilih ukuran teks dari pengaturan aplikasinya sendiri, atau dengan maksud tidak harus di Pengaturan ponsel.

Sekali lagi contohnya seperti Facebook, WhatsApp, BBM, dan lain-lain. Sedangkan aplikasi seperti buku catatan, biasanya tak perlu mengatur sesuatu untuk mengubah ukuran teks, sebab pengguna bisa langsung menciutkan layar atau memperlebar untuk mengontrol ukuran teks.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment