≡ Menu

Cara Mengubah Password cPanel dengan Mudah

Cara Mengubah Password cPanel dengan Mudah

Kebanyakan layanan hosting akan memberikan cPanel sebagai alat untuk mengelola situs web para pengguna. Disana terdapat berbagai fitur yang dapat melengkapi segala kebutuhan seperti file manager, database, email, dan lain banyak lagi.

Sederhananya, cPanel adalah kontrol panel yang memungkinkan kamu untuk mengelola server atau situs web tanpa banyak detail tentang cara kerja server. Dilindungi dengan otentikasi password dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Mengganti password secara berkala adalah hal yang bagus untuk mencegah terjadinya hal buruk. Dan pada cPanel pun sebenarnya sudah disediakan fitur untuk melakukan itu, sehingga kamu tak perlu menghubungi penyedia server setiap kali ingin mengganti password.

Baca juga: Membuat Akun Email Memakai Domain Sendiri di cPanel

Tutorial Mengganti Password cPanel

Cara ini hampir sama seperti mengganti password pada sosial media seperti Facebook, tapi kemungkinan ada yang belum mengerti dimana letak untuk menggantinya, dan artikel ini akan menunjukan tata caranya se-detail mungkin.

  1. Silakan masuk ke cPanel pada situsnya.

    Mengganti Password cPanel

  2. Jika sudah berada di cPanel, silakan klik pada menu Password & Security

    Mengganti Password cPanel

  3. Akan terdapat kolom, silakan isikan Current Password dengan kata sandi saat ini

    Lalu isikan kolom New Password dan New Password (Again) dengan kata sandi yang baru

    Mengganti Password cPanel

  4. Tahap terakhir adalah menekan tombol Change your password now

    Mengganti Password cPanel

Jika sistem merasa bahwa kata sandi yang baru dibuat terlalu lemah, silakan ulangi lagi dan pastikan mengisi password dengan kriteria memiliki huruf kecil dan besar, dan jangan melupakan simbol juga angka untuk memperkuat.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Password Generator yang tertera disana untuk membuat kata sandi yang kuat. Dengan begitu kamu takkan perlu memikirkan banyak waktu untuk membuat sandi baru.

Password Generator di cPanel

Baca juga: Solusi Tidak Bisa Login ke Dashboard WordPress

Bagaimana Jika Lupa Password pada cPanel?

Layanan hosting biasanya menyediakan jalan pintas untuk masuk ke cPanel, sehingga pengguna tidak memerlukan sandi ketika menuju kesana. Tapi jika tidak mengetahui password yang sekarang, tentunya tidak ada cara untuk mengubah password tersebut.

Jarang sekali ada layanan hosting yang memberikan fitur lupa sandi untuk akses cPanel dengan alasan keamanan. Dan satu solusinya adalah mengubungi pihak server dan menanyakan password saat ini.

Mungkin mereka akan membutuhkan semacam PIN dan username akun untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait kepemilikan produk. Setelah itu mereka akan memberi tahu password saat ini dan kamu dapat langsung mengubahnya seperti tutorial diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment